MENGENALKAN ABJAD DAN MEMBUAT KOLASE BUAH-BUAHAN MENGGUNAKAN KERTAS ORIGAMI, SERTA MELATIH MOTORIK PADA ANAK TK DI KAMPUNG PEMULUNG

Authors

  • Intan Nugrahayu Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Fadhilatul Janah Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Ja’far sodiq Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nur Rhomdhona Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan KKN UMJ 2022 ini merupakan kegiatan akademik dari perguruan tinggi yang dimanifestasikan melalui Catur Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan KKN ini memerlukan kerja sama antara mahasiswa yang melakukan kegiatan ini dengan mitra yang ingin diajak untuk bekerja sama. Salah satu model Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta yaitu melakukan pengabdian di daerah Kelurahan Jurang Mangu Timur, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Oleh karena itu, kelompok kecil yang sudah di bentuk di dalam Kelompok 11 KKN UMJ 2022 ini bekerja sama dengan Mitra Taman Baca Mutiara. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk membantu memberi pembelajaran kepada anak-anak TK dan membantu guru TK yang mengajar di Taman Baca Mutiara, lewat program kegiatan yang dilakukan Kelompok Kecil yang berada di dalam Kelompok 11 KKN UMJ yaitu dengan pengenalan huruf abjad, membantu mengajarkan menulis namanya dan membuat kretivitas kolase buah-buahan menggunakan kertas origami, untuk melatih motorik halus pada anak-anak TK. Kegiatan ini menggunakan media kertas origami dan dilakukan secara tatap muka (offline) di Taman Baca Mutiara. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu dengan berpartisipasi langsung ketempat kegiatan, observasi dan wawancara. Hasil dari kegiatan ini yaitu secara keseluruhan berjalan dengan lancar.Kata Kunci: Pengenalan, Kreativitas, Anak TK, Motorik Halus

Author Biographies

Intan Nugrahayu, Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fadhilatul Janah, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhammad Ja’far sodiq, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Nur Rhomdhona, Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Mulyani. 2017. Pengembangan Seni Anak Usia Dini, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rachmawati & Euis Kurniati. 2017. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak usia Taman Kanak-kanak, Jakarta: Kencana

MATERI PEMBEKALAN KKN

UNIVERSITAS WARMADEA 2019

https://www.warmadewa.ac.id/assets/CKImages/files/Materi%20SEJARAH,%20TUJUAN%20DAN%20MANFAAT%20KKN.pdf

BUKU PEDOMAN KULIAH KERJA NYATA UMJ TAHUN2022

PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS

MUHAMMADIYAH JAKARTA NOMOR:

TAHUN 2022

Ajeng Puspita Dewandari. (2011). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Pemanfaatan Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B1 Taman Kanak-kanak Aisyah Bustanul Athfal Tengahan Minggir Sleman. Skripsi. Yogyakarta: FIP UNY

Rusti Alam Siregar. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA DI TK NEGERI PEMBINA I KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Literasiologi.

BLOG KKN UNSYIAH: http://webblogkkn.unsyiah.ac.id/kualaidi11/2016/08/25/pengenalan-huruf-pada-anak-anak

Downloads

Published

2022-10-26