Sosialisasi Anti Narkoba dan Kepemimpinan Terhadap Generasi Muda RT.002/RW.004 Kelurahan Perigi Baru, Kecamatan Pondok Aren

Fakhri Muhamad I, Nadia Callista D P, Zikri Akbar H, Suherman Suherman

Abstract


Pada zaman sekarang minimnya pengetahuan tentang penyalahgunaan narkoba masihlah banyak. Pemuda zaman sekarang tidak sedikit yang memakai narkoba entah dalam bentuk obat, suntikan cairan ataupun bubuk. Hal ini dilakukan karena rasa ingin tahu serta pengaruh lingkungan sekitar. Maka dari itu sebisa mungkin dari pemuda kita menciptakan lingkungan pertemanan yang sehat dengan cara mempelajari kepemimpinan yang baik. Dengan mempelajari hal tersebut kita bisa memimpin diri kita sendiri maupun orang lain agar tidak terjerumus dengan hal hal tersebut dan dapat pula memengaruhi orang lain dengan ajakan yang baik agar terhindar dari bahaya narkoba. Metode yang akan dilaksanakan dengan mengadakan sosialisasi dalam bentuk sharing session tentang bahaya narkoba dan pentingnya mempelajari ilmu kepemimpinan agar generasi muda dapat memilah hal baik dan hal buruk serta terhindar dari bahaya narkoba.  Dengan metode yang digunakan, para pemuda akan lebih tertarik untuk berpartisipasi dalam materi, karena selain topik yang dibicarakan tidak terlalu berat, para pemuda juga bisa mendapatkan banyak manfaat dari mengamalkan materi yang disampaikan. Kesimpulan dari adanya sosialisasi tentang narkoba dan kepemimpinan, pemuda akan makin paham betapa bahayanya efek dari narkoba dan bagaimana cara mengatasi kecanduan narkoba. Selain itu dari kepemimpinan bisa belajar cara memengaruhi orang lain agar tidak terjerumus kepada hal hal yang berbau narkoba yang nantinya akan kembali juga ke diri masing masing.


Full Text:

PDF

References


Eleanora, F.N. (1970) ‘Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Serta Usaha Pencegahan dan Penanggulangannya’ (Suatu Tinjauan Teoritis)’, Jurnal Hukum, 25(1), p. 439. doi:10.26532/jh.v25i1.203.

Mulyono, H. et al. (2018) ‘Kepemimpinan (Leadership) Berbasis Karakter Dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan’, Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), pp. 290–297.

Hasibuan, A.A. (2017) ‘Narkoba dan Penanggulangannya’, Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), pp. 33–44.

Nafira, S. and Sari, T.D. (2021) ‘Strategi Pengembangan Kualitas Sdm “Generasi Millenial & Generasi Z” Dalam Menghadapi Persaingan Global Era 5.0’, Prosiding Seminar Manajemen S1, (November), pp. 22–25.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ