PELATIHAN DAN PEMBUATAN KOLASE MENGGUNAKAN BARANG BEKAS DI SEKOLAH DASAR DALAM MENCIPTAKAN KREATIFITAS.
Abstract
Media pembelajaran merupakan aspek yang sangat penting dalam proses penyerapan materi bagi siswa. Media pembelajaran sangat mempengaruhi tingkat pemahaman, daya ingat dan juga perilaku siswa. Pemanfaatan barang bekas menjadi kolase dipilih karena merupakan salah satu media pembelajaran yang memiliki banyak manfaat, tidak hanya melatih motorik halus siswa tetapi juga siswa belajar untuk menjaga alam dengan memanfaatkan barang bekas. Metode yang digunakan adalah pendekatan pertisipatif dan komunikasi kelompok, dimana sasaran kegiatan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan didampingi oleh mentor. Hasil dari kegiatan ini para siswa kelas 3 SDIT Tirta Buaran dapat melatih imajinasi dan kreativitas serta menuangkan ide dengan memanfaatkan barang bekas yang ada di sekitar. Kekompakkan, keberanian serta kemampuan bahasa yang dimiliki siswa pun juga semakin terasah melalui metode show and tell saat memaparkan hasil tangan mereka.
Full Text:
PDFReferences
Astuti, P. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA KOLASE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR: Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 45–52. https://doi.org/10.21009/PIP.351.5
Destiana, D. (2014). KREASI KOLASE Find, Collect, and Fun Together. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10501
Dewi, P. M. U., & Subrata, H. (2021). PENGGUNAAN METODE SHOW AND TELL PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DI DEPAN UMUM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. 9(8). https://ejournal.unesa.ac.id
Nurman. (2015). Strategi Pembangunan Daerah. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Sakdiah, H. (2020). KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MELALUI KARYA KOLASE DI KELAS I SD NEGERI 11 BANDA ACEH [Final Year Projects, STKIP Bina Bangsa Getsempena]. https://repository.bbg.ac.id/handle/repository.bbg.ac.id/handle/854
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Tabelessy, N. (2021). METODE BERCERITA UNTUK SISWA SD. Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 1(1), 36–42. https://doi.org/10.30598/gabagabavol1iss1pp36-42
Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 351-358
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================