PELATIHAN DAN PEMBUATAN KOLASE MENGGUNAKAN BARANG BEKAS DI SEKOLAH DASAR DALAM MENCIPTAKAN KREATIFITAS.

Authors

  • Megawati Semata Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ferdah Ningsih Kesehatan Masyarakat, FKM,Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • M. Izzat Zendy Arsitektur, Fakultas Teknik,Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Regina Fajriya Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dietto H Ramadhan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Abdul Aziz Muhammad Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakart

Abstract

Media pembelajaran merupakan aspek yang sangat penting dalam proses penyerapan materi bagi siswa. Media pembelajaran sangat mempengaruhi tingkat pemahaman, daya ingat dan juga perilaku siswa. Pemanfaatan barang bekas menjadi kolase dipilih karena merupakan salah satu media pembelajaran yang memiliki banyak manfaat, tidak hanya melatih motorik halus siswa tetapi juga siswa belajar untuk menjaga alam dengan memanfaatkan barang bekas. Metode yang digunakan adalah pendekatan pertisipatif dan komunikasi kelompok, dimana sasaran kegiatan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan didampingi oleh mentor. Hasil dari kegiatan ini para siswa kelas 3 SDIT Tirta Buaran dapat melatih imajinasi dan kreativitas serta menuangkan ide dengan memanfaatkan barang bekas yang ada di sekitar. Kekompakkan, keberanian serta kemampuan bahasa yang dimiliki siswa pun juga semakin terasah melalui metode show and tell saat memaparkan hasil tangan mereka. 

Author Biographies

Megawati Semata, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ferdah Ningsih, Kesehatan Masyarakat, FKM,Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kesehatan Masyarakat, FKM,Universitas Muhammadiyah Jakarta

M. Izzat Zendy, Arsitektur, Fakultas Teknik,Universitas Muhammadiyah Jakarta

Arsitektur, Fakultas Teknik,Universitas Muhammadiyah Jakarta

Regina Fajriya, Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dietto H Ramadhan, Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abdul Aziz Muhammad, Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakart

Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakart

References

Astuti, P. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA KOLASE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR: Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 45–52. https://doi.org/10.21009/PIP.351.5

Destiana, D. (2014). KREASI KOLASE Find, Collect, and Fun Together. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10501

Dewi, P. M. U., & Subrata, H. (2021). PENGGUNAAN METODE SHOW AND TELL PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DI DEPAN UMUM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. 9(8). https://ejournal.unesa.ac.id

Nurman. (2015). Strategi Pembangunan Daerah. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Sakdiah, H. (2020). KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MELALUI KARYA KOLASE DI KELAS I SD NEGERI 11 BANDA ACEH [Final Year Projects, STKIP Bina Bangsa Getsempena]. https://repository.bbg.ac.id/handle/repository.bbg.ac.id/handle/854

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Tabelessy, N. (2021). METODE BERCERITA UNTUK SISWA SD. Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 1(1), 36–42. https://doi.org/10.30598/gabagabavol1iss1pp36-42

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 351-358

Downloads

Published

2022-10-26