PENDAMPINGAN DAN PENINGKATAN GERAK LOKOMOTOR DENGAN MENGUNAKAN TEKNOLOGI LIGHT EMITTING DIDOR (LED) PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Juli Candra, Rejal Wijaya

Abstract


Penyebaran covid 19 yang terus berlansung memberikan dampak negative terhadap perkembangan anak khusnya pada siswa sekolah dasar yang ada pada sekolah binaan FIP Ubharajaya. Melihat situasi dilapangan kami melihat rendahnya kemapuan gerak lokomotor pada siswa yaitu bagaimana melakukan kegiatan gerak dengan memindahkan posisi badan kearah bagian tertentu. Masalah yang terjadi selama covid 19 siswa sekolah dasar tidak melakukan pembelajaran penjas secara baik karena lebih banyak aktifitas dilakukan dirumah tampa ada pembelajaran yang terstruktur dan media pendukung pembelajaran. Melihat situasi ini tim abdimas FIP Ubharajaya melakukan kegiatan abdimas dengan mengunakan media LED (Light Emitting Didor) dalam membantu siswa meningkatkan kemapuan gerak lokomotor. Dalam pelaksanaan aktifitas kegiatan abdimas dengan media LED dapat mebuat anak – anak secara aktif mengikuti kegiatan peningkatan gerak lokomotor dengan aktifitas selama 16 kali pertemuan, pada tes awal dengan hasil 73,44 kemudian dilakukan perlakukan dengan media LED, pada pertemuan ke 8 diperoleh dengan hasil 75,8 dan pada pertemuan ke 16 diperoleh dengan hasil 82,88. Jadi dalam aktifitas pengabdian kepada masyarakat dengan media LED terjadi peningkatan gerak lokomotor pada siswa sekolah dasar dengan mengunakan media LED.


Full Text:

PDF

References


Nuryani R. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sudjana, D. (2012). metode dan teknik pembelajaran partisipasif. Bandung: Nusantara Pres

Slamet Riyadi. Pemrosesan Informasi Dalam Belajar Gerak, Jurnal Ilmiah SPIRIT, ISSN; 1411-8319 Vol. 11 No. 2 Tahun 2011.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ