PENTINGNYA LITERASI KEUANGAN UNTUK ANAK USIA DINI DI TK ISLAM MELATI, KELURAHAN CEMPAKA PUTIH KECAMATAN CIPUTAT TIMUR TANGERANG SELATAN
Abstract
Literasi Keuangan menjadi penting untuk ditanamkan sejak dini karena pengetahuan dan pengalaman keuangan yang ditanamkan akan terinternalisasi dalam diri anak sehingga membentuk kebiasaan mengelola keuangan mereka dimasa depan sebagai suatu budaya baik seperti mengenal makna uang. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada anak TK Islam Melati tentang pentingnya memahami pengelolaaan uang untuk kebutuhan anak TK disekolah dan diluar sekolah seperti aktivitas diluar sekolah dan yang terpenting adalah kebutuhan memasuki jenjang Pendidikan selanjutnya yaitu Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. Siswa diajarkan untuk menyisihkan uang janjannya untuk ditabung (disekolah), dimasukkan kedalam celengan dan lain-lain. Untuk itu para siswa (murid) diajarkan tentang bagaimana mengelola uang jajan yang mereka dapat. Keterbatasan ekonomi (keuangan) menjadi salah satu faktor yang dianggap sangat penting untuk memberikan pengarahan kepada anak-anak TK. Sehingga tertanam nilai karakter dalam litertasi keuangan ini yaitu : Dapat mengalokasikan keuangan mereka, melatih kontrol emosi dan kekampuan memebedakan antara keinginan dan kebutuhan. Orang tua dan guru akan sangat membantu pemahaman ini kepada siswa.References
UU No 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
UU No 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Center of the Developing Child, Harvard University. Inbrief: The Science of Early Childhood Development. Retrieved from https://46y5eh11fhgw3ve3ytpwxt9r-wpengine.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2007/03/InBrief-The-Science-of-Early-Childhood-Development2.pdf
Center of the Developing Child, Harvard University. The Science of Early Childhood Development and the Opportunity of Innovation. Retrieved from https://www.ncsl.org/documents/cyf/JackShonkoffPPT.pdf
Harvard University. Brain Architecture. Accessed on 4 September 2020 from https://developingchild.harvard.edu/science/key-concepts/brain-architecture/
Heckman, James J. 2006. Skill Formation and the Economics of Investing in Disadvantaged Children. Science, 312(5782), 1900–1902. https://doi.org/10.1126/science.1128898
UNICEF. 2012. Child Social and Financial Education. Retrieved from https://www.unicef.org/publications/files/CSFE_module_low_res_FINAL.pdf
RAtna Candra, Sariyatul Ilyana dan Widyawati “ Model Pembelajaran Literasi Keuangan Bagi Anak Usia dini berbasis Aktivitas Executive Function
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327, Volume 6 Issue 3 (2022) Pages 2085-2094 Investasi Edukasi Literasi Keuangan untuk Anak Usia Dini di Indonesia Anisa Yunita Sari dan Naili Sa`ida, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia(2) DOI: 10.31004/obsesi.v6i3.1369