Pengembangan Strategi Pemasaran Jamur Tiram Pada Kelompok Tani Trah Desa Tiram Mandiri (TDTM di Parungkuda

Casban Casban, Umi Marfuah, Didi Sunardi, Erna Y. Wulaningsih, Jaharuddin Jaharuddin, Cipto W. Nugroho, Afrijal Ardiansyah, Gani M. Adrianto

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) melibatkan mahasiswa dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Tujuan kegiatan PkM untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh mitra dengan pendampingan pengembangan strategi pemasaran jamur tiram. Mitra adalah kelompok tani Trah Desa Tiram Mandiri yang berlokasi di kecamatan Parungkuda. Pelaksanaan kegiatan PkM dilakukan pada bulan Agustus 2023 melalui empat tahapan kegiatan yaitu koordinasi, diskusi, pendampingan dan evaluasi. Hasil kegiatan PkM bahwa mitra mendapatkan pengetahuan tentang penggunaan teknologi informasi komunikasi yang dapat digunakan dalam pengembangan strategi pemasaran. Mitra mempunyai keinginan untuk mencoba menerapkan penggunaan teknologi informasi komunikasi dengan memanfaatkan media sosial sehingga dapat memperluas jaringan pemasaran produk. Hasil yang diharapkan dengan adanya pemanfaatan media sosial dalam jangka panjang dapat mengembangkan usaha budidaya jamur tiram untuk meningkatkan daya saing yang berkelanjutan dan dapat meningkatkan penghasilan keuangan kelompok tani.


Full Text:

PDF

References


Blasius Manggu, Sabinus Beni (2023). Pendampingan Mitra Konsultan Dalam Penerapan Strategi Pemasaran Bagi Para Pelaku UMKM di Kota Bengkayang. Jurnal Abdi Moestopo.Vol.6, No.1, pp.124-129.

Widiya Ananda, Slamet Bambang Riono, Muhammad Syaifulloh (2020). endampingan Strategi Pemasaran Berbasis Teknologi bagi UMKM Arum Manis untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Desa Cihaur, Kecamatan Banjarharjo. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia. vol.2, No.4, Hal.08-14.

Agus Wibowo, Karuniana Dianta, Mohammad Sofwan Effendi, Haryo Kuncoro, Ari Saptono, Saparuddin Mukhtar (2022). Pelatihan dan pendampingan pemasaran UMKM berbasis digital di desa Cisaat. Jurnal Pengabdian masyarakat . Vol.2, No. 1, h. 16-25.

Miki Indika, Suharto, Kusnadi Yudha Wiguna, Subianto, Herawati, Hanzil. (2022). Penyuluhan Strategi Pengembangan Dalam Pemasaran Produk Usaha UMKM Pada Era Digital Di Desa A Widodo. Jurnal Pengabdian kepada masyarakat. Vol.2, No.2, h. 205-212.

Catur Iman Safii (2022). Pendampingan UMKM Berbasis E-Commerce dan Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Strategi Pemasaran pada UMKM Gedang Teroris RT 09 RW 05 Kecamatan Tegalsari Surabaya. Seminar nasional Patriot mengabdi II tahun 2022 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Vol.2, no.1 (2022), hal 301-305.

Restin Meilina, Ema Nurzainul Hakimah, Gesty Ernestivita, Itot Bian Raharjo, Alif Okky Fadilah. (2022). Optimalisasi strategi pemasaran untuk penguatan kelompok umkm desa karangtalun kabupaten Kediri. Abdimas Akademika. Vol.3, No.02, Desember 2022, hal.110 – 119.

Awang Surya dan Wilarso. (2021). Pendampingan dasar-dasar strategi pemasaran dalam era digital untuk UMKM kecamatan Cileungsi. Jurnal Pengabdian Masyarakat JPM Wikrama Parahita. Vol.6 No.1, h.23-28.

Stephanny Lianardo, Kartini Dwi Sartika, Yuliana Riana Prasetyawati, dan Raden Adi Cahyadi. (2022). Pendampingan Digital Marketing Untuk Pemberdayaan UMKM. ournal of Servite. Vol.4, No.2, p 104-111.

Suriyati, Francisca Tree Aulia Putri, Irmayanti (2023). Pendampingan Strategi Pemasaran secara Online pada Home Industry Rengginang di Desa Padaelo, Kajuara, Bone, Sulawesi Selatan. Welfare Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.1, Isu.1, h.56-61.

Della Rolamsa BR Siboro, Hendy Agata Prasetya, Mutiara Effrina Oktavianti, Fandyka Annisa Maysalwa, Alldila Noorma Az Zahra. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Digital Marketing dalam Strategi Pemasaran Marning sebagai Produk Lokal Unggulan.

Saadatul Mar’ah, Nabila Brilliana Putri, Dian Anita Sari, Susanti Dwi Ilhami (2022). Pendampingan strategi pemasaran “pawon anita” dalam rangka meningkatkan keunggulan bersaing. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS. Vol.5, No. 1, h.100-106.

Nabila Adelia, Riska Retno Vitasari, Nurul Azmy, Raihan Izzul Bassam Romadhoni, Dewi Puspa Arum. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Kepanjenlor Kota Blitar. Jurnal Informasi Pengabdian MasyarakatVol. 1, No. 2, Hal 19-23.

Riyadi Nugroho, Siti Mujanah. (2021) Strategi pemasaran dan pendampingan manajemen usaha kelompok usaha kecil kerupuk di Kenjeran Kota Surabaya. Jurnal Abdi Mas TPB. Vol.3, No.1, hal.23-33.

Arief Rahmana , Muchammad Fauzi, Annisa Maharani Suyono (2021). Pendampingan strategi pemasaran digital produk makanan dalam menjalankan bisnis di era new normal di Kota Bandung. Jurnal ilmiah pengabdian kepada masyarakat. Vol.4 No.1, h.49-57.

Santi Widyaningrum, Rino Tam Cahyadi (2022). Pemetaan Potensi UMKM Desa Kucur dan Pendampingan Strategi Pemasaran Produk di Komunitas Klinik Usaha Desa Kucur. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), Vol.7, No.3, h.171-180.

Mohammad Riza Radyanto, Antono Adhi, Enty Nur Hayati. (2023). Pemberdayaan Petani Kopi Kenjur Gunung Prau Kendal Melalui Pendampingan Strategi Pemasaran Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.3, No.2, Hal.196-205.

Abyansyah Hayyu Sarwono, Daffa Samdya Adabi Selay, Syahrie Ramadhan, Sulastri Irbayuni (2023). Sosialisasi dan Pendampingan UMKM Mengenai Strategi Digital Marketing di Desa Musir Lor, Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara. Vol.3, No.3, Hal 41-52.

Hernawati, Aisah Jamili dan Didin Hadi Saputra. (2019). Pengembangan usaha produksi jamur tiram kelompok wanita tani berbasis wilayah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan (Selaparang). vol.3, no.1, h.124-130.

Ayu Dwidyah Rini dan Amaliyah. “Strategi pengembangan agribisnis jamur timur wujud penguatan ekonomi lokal’. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA). Vol.3, No.2, H.311-324, April 2019.

Riif Maftahah, Bayu Wijayantini, dan Wahyu Eko Setianingsih. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Jamur Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC). Jurnal Manajemen. vol.11, no.2, h.300-310.

Francy Risvansuna Fivintari, Retno Wulandari, Oki Wijaya (2021). Pendampingan Pengembangan Usaha Agribisnis Jamur Tiram sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga. Jurnal Community Empowerment. vol.6, no.4, h.641-648.

Ni Putu Sukanteri, Putu Fajar kartika Lestari, Ida Ayu Dwi Susanti (2022). Pemberdayaan petani jamur tiram melalui pelatihan dan pendampingan strategi pemasaran pada masa pandemi covid-19”. Jurnal Abdi Insani. vol.9, no.3, h.1079-1089.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ