Peningkatan Kapasitas Pelaku UMKM Akamsi Coffee Shop melalui Pendampingan Pencatatan Keuangan Berbasis Electronic Financial Accounting

Lola Rahmadona, Liza Nora, Erlina Rahmayuni, Damar Grahito

Abstract


Masalah yang dihadapi oleh UMKM Akamsi Coffee Shop adalah kesulitan dalam mengevaluasi bisnis. UMKM Akamsi Coffee Shop hanya fokus pada bisnis, tanpa mempertimbangkan pentingnya pencatatan keuangan sederhana. Tujuan dari pendampingan ini adalah memberikan pemahaman yang komprehensif tentang konsep EFA dan mengubah paradigma pembukuan tradisional menjadi pendekatan berbasis teknologi yang lebih efisien dan efektif kepada pemilik dan anggota tim UMKM Akamsi Coffee Shop. Dengan demikian, masalah yang ada di UMKM Akamsi Coffee Shop dapat diatasi dan bisnis mereka dapat berkembang dengan fokus. Metode pelaksanaan dalam pendampingan pencatatan keuangan ini meliputi: penyuluhan, pembelajaran/diskusi, pelatihan, dan evaluasi. Kegiatan ini dimulai dengan penyuluhan kepada UMKM Akamsi Coffee Shop tentang pentingnya pencatatan keuangan, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi berupa materi pembelajaran, diikuti oleh pelatihan pencatatan keuangan sederhana untuk UMKM Akamsi Coffee Shop. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah para pelaku UMKM Akamsi Coffee Shop telah mulai memahami pelatihan pencatatan keuangan sederhana, dan perlu dilakukan secara teratur agar dapat berjalan lebih baik. Hasil positif lainnya adalah menyadari bahwa evaluasi bisnis mereka mengalami keuntungan atau kerugian dari pencatatan laporan keuangan, yang dapat mengukur kemampuan bisnis mereka untuk berkelanjutan di masa depan.


Full Text:

PDF

References


Alinsari, N. (2020). Peningkatan literasi keuangan pada umkm melalui pelatihan dan pendampingan pembukuan sederhana. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 256–268.

Andayani, I., Roesminingsih, M. V., & Yulianingsih, W. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1), 12–20.

Cania, S. D., & Susdiani, L. (2021). Pengaruh Praktek Manajemen Keuangan dan Inovasi Terhadap Kinerja Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah Selama Masa Pandemi Covid-19 di Kota Depok. Jurnal Manajemen Strategi Dan Simulasi Bisnis, 2(1), 1–21.

Nailufaroh, L., Suprihatin, N. S., & Maulita, D. (2022). Peningkatan Literasi Keuangan Pada Toko Batik Rifki Hadi Melalui Pendampingan Pembukuan Sederhana. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 25–29.

Munandar, A., Meita, I., & Putritanti, L. R. (2018). Pelatihan Pembukuan Dan Pencatatan Keuangan Sederhana Kepada Siswa/I Yayasan Prima Unggul. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(1), 527–532.

Muttaqien, F., Cahyaningati, R., Rizki, V. L., & Abrori, I. (2022). Pembukuan Sederhana Bagi UMKM. Indonesia Berdaya, 3(3), 671–680.

Rayyani, W. O., Abdi, M. N., Winarsi, E., & W. (2020). Peningkatan Daya Saing UMKM Melalui Optimalisasi Penyusunan Laporan Keuangan. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(2), 97–105

Saifudin, S., Santoso, A., & Widowati, S. Y. (2021). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Bagi Pelaku Umkm Di Desa Tegalarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Loyalitas, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 39.

Widyari, N. W. T., Sariani, N. L. P., & Sukarnasih, D. M. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Di Warung Sebatu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5 (1), 75-85

Wardiningsih, R., Wahyuningsih, B. Y., & Sugianto, R. (2020). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha Kecil (Mikro) Di Dusun Bore Desa Kopang Rembiga Kecamatan Kopang Lombok Tengah. PENSA, 2(2), 163– 172.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ