Peningkatan Literasi Keuangan dan Pemasaran Bagi Pelaku Umkm Di Kelurahan Subangjaya Kecamatan Cikole Kota Sukabumi

Nuraeni Nuraeni, Muhamad Ikra, Ferly Aninditya, Muhammad Fahmi, Arief Firman, Lia Liliawati, Nida Auliana Umami

Abstract


Selama masa pandemi Covid-19 ini, sektor UMKM termasuk UMKM di Subangjaya mengalami dampak yang signifikan sehingga mengakibatkan banyaknya pelaku usaha yang harus mengalami gulung tikar oleh karena jatuhnya permintaan. Volume penjualan turun terutama disebabkan karena dominasi pembeli utama produk UMKM merupakan warga sekitar Desa Bumi Agung. Hal ini terjadi karena sistem penjualan dan pemasaran yang dilakukan masih penjualan langsung (direct selling). Oleh karena itu diperlukan pengembangan digitalisasi pemasaran serta strategi penjualan yang dapat mengakomodasi penjualan yang akan memungkinkan transaksi dilakukan secara online. dengan kemajuan teknologi tersebut, memungkinkan pembeli untuk bertransaksi jarak jauh tanpa harus datang langsung ke tempat penjual. Hal ini akan mendukung penerapan transaksi digital yang lebih efektif dan efisien dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu UMKM di Subangjaya juga memiliki kelemahan dari sisi penyusunan perencanaan dan laporan keuangan yang mengakibatkan sulitnya UMKM untuk menentukan strategi bisnis yang tepat. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk melakukan pendampingan manajemen kewirausahaan dan digital marketing untuk mendukung pengembangan usaha kelompok untuk mendukung aktivitas bisnis yang efektif dan efisien secara digital serta melatih kompetensi UMKM dalam melakukan penyusunan perencanaan dan laporan keuangan. Metode penerapan dalam kegiatan kerja ini dilakukan dalam bentuk pelatihan dan bimbingan sehingga diharapkan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya kemudian berdampak pada kesejahteraan pelaku UMKM. Dan pengabdian masyarakat ini direncanakan untuk dibuat draft artikel yang akan dipublikasi pada jurnal nasional agar bermanfaat bagi masyarakat luas dalam menambah referensi pengelolaan bisnis UMKM.


Full Text:

PDF

References


Anonim. (1995). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Usaha Kecil dan Usaha Menengah. Kementerian Negara Koperasi dan UKM, Jakarta

Anonim. (2003). Medium Enterprise Dynamics: The Barriers Constraining on The Development of Medium-Size Enterprises. Study Report. Supported by The Asia Foundation

Anonim. (2002). Strategi Pengembangan Iklim Usaha dalam Pengembangan Usaha Kecil Menengah di Daerah. Jurnal Ekonomi UNTAR, Vol 7 nomor 1, Jakarta. Jakarta.

Gibb, Allan A. (1993). The Entreprise Culture and Education. Hasibuan, Malayu. (2008). Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah.

Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis. Orasi Bisnis, VI(November), 95–112.

Istiqomah, & Andriyanto, I. (2017). Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Kaliputu Kudus). BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam 5(2): 363 – 382.

Kurniawan, M., & Haryati, N. 2017. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Minuman Sari Buah Sirsak. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri 6(2): 97 – 102.

Kewirausahaan Muslim, (1996). “Mitra Usaha Kecil” Pemberdayaan Ekonomi Rakyat. Majalah PINBUK

Nasution Muslimin, (1991). Lembaga Perkreditan Pedesaan. Badan Litbang Koperasi dan PK. Departemen Koperasi dan PPK. Jakarta.

Melati, Sari Inaya, Margunani, Saringatun Mudrikah, Lola Kurnia Pitaloka. (2020). Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Panrita Abdi. 2020, Volume 4, Issue 2..

Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPPM) 1(1): 1 – 17.

Rahmawaty, P.2012. Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif Bagi Masyarakat Miskin Di Kota Yogyakarta. PKM.UNY.

Sasongko, D., & Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E.(2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809.

Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri 5(1): 46 – 53.

Setiawan, Topan & Fanny Hendro Aryo Putro . (2021). Optimasi Ekonomi Less Contact Melalui Teknik Digital Marketing Pada Industri UMKM di Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali . INTELEKTIVA: JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA E-ISSN 2686 5661 VOL 03 NO 04 NOVEMBER 2021.

Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, Ramdani, H., Hendriyanto, A., & Lu’ul, I. L. (2016). Strategi Pengembangan UKM Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia 16(2): 136 – 147.

Shabur Miftah., Maulana Heru., & Susilo Riyadi. (2015) IMPLEMENTASI E- COMMERCE SEBAGAI MEDIA PENJUALAN ONLINE (STUDI KASUS PADA TOKO PASTBRIK KOTA MALANG). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 29 No. 1 Desember 2015.

Sondagh, Lucky. F. Penelitian Lembaga Kredit Pedesaan di Provinsi Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara. Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Jakarta..

Surya Dharma Ali, (2007). Komitmen Pemberdayaan KUBE dan Koperasi Disampaikan pada Seminar Prospek Usaha Kecil dan Menengah, Lembaga Usaha Pengembangan Masyarakat Jakarta.

Tambunan Mangara, (2002). Apakah Usaha Menengah Mengalami Stagnasi. Paper Staff, Center for Economic and Social Studies (CESS)..

Tuty Movreynta, 2008, Implementasi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Tani di Dusun III Desa Pematang Lalang.

Usman, Marzuki (1998). Strategi Pengembangan Pembiayaan Pengusaha Kecil, Menengah dan Koperasi Menghadapi Perdagangan Bebas..

Utami, Ratih Apri Utami, Indah Ibanah , Nurul Dwi Novikarumsari. (2021) Pendampingan Sistem Aplikasi Keuangan dan Pengembangan Promosi Digital UKM “Resep Iboe” dalam Penerapan Less contact Economy Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Volume 5, Nomor 1, Desember 2021.

Wediawati Besse, Rike Setiawati, Ibm Kelompok Usaha Bersama Perempuan Kepala Keluarga (KUBE-PEKKA) di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Volume 30, Nomor 1 Januari – Maret 2015, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi.

Widyastuti, D. A. R., Nuswantoro, R., & Sidhi, A. P. 2016. Literasi Digital Pada Perempuan Pelaku Usaha Produktif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal ASPIKOM 3(1): 1 – 15


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ