Pengembangan Dodol Inovatif Berbasis Bahan Lokal dan Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Promosi Usaha Dodol Rumahan "Dodol Betawi Bang Ehza"

Azizatul Munawaroh, Nurul Sriminarti, Oktaviana Purnamasari, Dwi Arif Rahman

Abstract


Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan bekerja sama dengan mitra UMKM yang memulai usahanya berlatarbelakang pemenuhan kebutuhan harian dan rasa cinta terhadap budaya Betawi. Dalam konteks UMKM dodol rumahan yang dijadikan mitra, pendekatan yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam pengabdian dapat memberikan manfaat yang holistik bagi pengrajin dan masyarakat sekitarnya. Usaha rumahan dodol yang diangkat dalam pengabdian kali ini adalah "Dodol Betawi Bang Ehza" yang beralamat di Jl. Raya Joglo RT 10/RW 03 No.16 Kelurahan Joglo Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Lokasi mitra PKM sekitar 14,2 KM dari Universitas Muhammadiyah Jakarta. Dengan pegawai yang terdiri dari 6 Ibu rumahan sekitar lokasi untuk membantu proses produksi sehari hari, dodol bang ehza sudah berdiri sejak Tahun 2001. Permasalahan yang menjadi sorotan pada mitra adalah tantangan dalam mengembangkan branding merek yang belum dibangun dan pemasaran dodol yang sejauh ini masih dilakukan secara manual dari mulut ke mulut (word-of-mouth marketing). Branding dan promosi yang berusaha dilakukan oleh Dodol Betawi Bang Ehza yang ingin dilakukan oleh terkendala oleh terbatasnya kapasitas dan pengetahuan di bidang ini. Hasil yang dicapai dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini diantaranya adalah terciptanya logo untuk merek dagang Dodol Betawi Bang Ehza, website untuk memperkenalkan produk, pendaftaran merek ke google bisnis dan google maps.


Full Text:

PDF

References


Tentama, F., Pranungsari, D., & Tarnoto, N. (2017). Pemberdayaan komunitas anak jalanan Yogyakarta melalui bermain peran. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 11-18. Retrieved from http://ojs.ejournal.id/index.php/ppm/article/view/74 → Jurnal Online

Dewi, Merlina., Rusdianto, R. Yuniardi. (2023). Peran Mahasiswa KKN Dalam Branding Dan Promosi Wisata Embung Sumberagung Kecamatan Gondang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi, 2(3), 87-93. Retrieved from https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v2i3.173

Fuadi, D., Akhyadi, A.S., & Saripah, L. (2021). Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(5), 1-13. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus

Sarfiah, Sudati N., Atmaja, Hanung E., Verawati, Dian M. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137-146. Retrieved from http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/REP

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ