PELATIHAN PEMBUATAN MARKETPLACE ONLINE BAGI WARGA JALAN KANCIL 1 RT 02 RW 07 KELURAHAN SERTAJAYA KECAMATAN CIKARANG TIMUR KABUPATEN BEKASI

Edrick Julian Herman, Ninda Nitasari, Adjie Futurachman, Athiek Sri Redjeki, Ismiyati Ismiyati

Abstract


Indonesia dihadapkan dengan banyak masalah terkait aspek ekonomi akibat dari Covid-19 yang menyebabkan terbatasnya mobilitas dan aktivitas masyarakat yang berdampak pada penurunan permintaan domestik Perkembangan teknologi di era digital berkembang secara cepat seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan kebutuhan. Salah satu perkembangan teknologi yang telah ada saat ini dan menjadi salah satu penunjang faktor ekonomi di masyarakat dalam masa transisi pasca pandemi adalah penggunaan marketplace sebagai sarana berjualan secara online. Tim KKN kami berinisiatif untuk menyelenggarakan pelatihan pembuatan akun pada marketplace online di Jalan Kancil 1 RT 02/RW 07, Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Lokasi ini dipilih karena merupakan daerah padat penduduk yang memiliki organisasi kemasyarakatan PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) yang aktif dan masyarakat dengan antusiasme yang cukup tinggi dalam membuka usaha secara online. Kegiatan ini dihadiri oleh 20 partisipan dan berlangsung pada hari Minggu, 27 Agustus 2023 pada pukul 09.30-13.00 WIB dengan rangkaian acara berupa pembukaan, pembuatan pupuk cair, pelatihan pembuatan marketplace, dan penutupan. Para peserta terlibat sepanjang acara dan berpartisipasi aktif dalam sesi pelatihan.


Full Text:

PDF

References


Irawati, R., & Prasetyo, B. (2021). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi ( Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang ). Urnal Penelitian Manajemen Terapan, 6(2), 114–133.

SAPUTRI, S. A., BERLIANA, I., & NASRIDA, M. F. (2023). PERAN MARKETPLACE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI INDONESIA. Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 3(1), 69–75.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ