Penerapan Smart School Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran dan Pelayanan di SMK Islam Adiluwih Pringsewu Provinsi Lampung

AY Wahyudin, D Darwis, SA Cindiyasari, A Suhartanto

Abstract


SMK Islam Adiluwih Pringsewu memiliki prioritas permasalahan yang harus diselesaikan diantaranya: 1) Belum optimalnya kompetensi guru dalam mengelola mata pelajaran praktif/produktif secara daring; 2) Pada aplikasi rumah belajar kemendikbudristek, belum terdapat laboratorium maya atau virtual laboratorium (vlab) untuk mata pelajaran praktif/produktif di tingkat SMK; 3) Pengelolaan sistem pelayanan administrasi dan keuangan sekolah belum dilakukan secara optimal. Berdasarkan prioritas permasalahan tersebut, maka solusi yang ditawarkan adalah adalah: 1)Memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para guru dalam mendesain, dan membuat konten pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran praktif/produktif yang dapat disimulasikan pada kegiatan praktik berbasis virtual laboratorium; 2) Menerapkan teknologi Virtual Lab yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran secara mandiri oleh siswa; 3) Menerapkan Aplikasi yang dapat diakses secara online melalui website dan mobile untuk Sistem Administrasi dan Keuangan Sekolah. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan didapatkan adanya peningkatan dari hasil evaluasi pelatihan pembuatan konten pembelajaran yaitu 84.85%. Selanjutnya berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan untuk penggunaan virtual lab, didapatkan hasil peningkatan untuk guru 90% dan untuk siswa 96%. Selain itu dengan adanya aplikasi administrasi dan keuangan sekolah dapat meningkatkan pelayanan sekolah dalam hal administrasi dan keuangan. Berdasarkan hasil survey yang diperoleh membuktikan bahwa 87% siswa dan wali murid merasa sangat puas dengan adanya pelayanan melalui aplikasi administrasi dan keuangan sekolah.


Full Text:

PDF

References


Arthana, I. K. R., Dantes, G. R., & Dantes, N. (2018). Optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (tik) dalam bidang pendidikan melalui penerapan smart school. Jurnal Widya Laksana, 7(1), 81–91. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPKM/issue/view/775

Asrizal, A., Hendri, A., & Festiyed, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Mengintegrasikan Laboratorium Virtual dan Hots untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa SMA Kelas XI. (November), 49–57. https://doi.org/10.31227/osf.io/bknrf

Cookson Jr, P. W. (2020). Measuring Student Socioeconomic Status: Toward a Comprehensive Approach. School Finance Series. Learning Policy Institute.

Dapodik. (2022). Data Pokok Pendidikan SMK Islam Adiluwih Pringsewu. Retrieved February 1, 2022, from https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/03b1ea6a-f971-4ed2-9c8f-7dc0a763dfa5

Latif, A. (2021). Profil SMK Islam Adiluwih Pringsewu.

Maksum, A. H., & Saragih, Y. (2020). Analisis Penerapan Virtual Laboratorium Versus Reality Laboratorium. Jurnal TIARSIE, 17(2), 47. https://doi.org/10.32816/tiarsie.v17i2.72

Sainsmat, J., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2017). Implementation of Virtual Laboratory in Physics Experiment Course on Critical Thinking Skills of Physics Education Students of University of Papua. Sainsmat, VI(1), 75–81.

Santoso, B. (2019). Gubernur Lampung resmikan aplikasi “Smart School Berjaya.” Retrieved February 1, 2022, from Antaranews website: https://www.antaranews.com/berita/1210811/gubernur-lampung-resmikan-aplikasi-smart-school-berjaya

Sastriadi, A. (2019, December 16). Smart School Lampung Berjaya Resmi Diluncurkan. Radar Lampung. Retrieved from https://radarlampung.co.id/2019/12/16/smart-school-lampung-berjaya-resmi-diluncurkan/

Yulasti, N. I., Rohadi, N., & Putri, D. H. (2018). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep melalui Model Learning Cycle 5E Berbantuan Virtual Lab pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 76–82. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.76-82

Yusuf, I., Widyaningsih, S. W., & Purwati, D. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran Fisika Modern berbasis media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 dan Kurikulum 2013. Pancaran Pendidikan, 4(2), 189–200.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ