Pelatihan Penggunaan Media Digital sebagai Visualisasi Teknologi Pembelajaran untuk Guru SMP

Authors

  • Ririn Widiyasari Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Arlin Astriyani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Viarti Eminita Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Shahibul Ahyan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ismiyatun Sa’diyah Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Dilatarbelakangi beberapa guru dan orangtua yang mengeluhkan peserta didik dan anak-anaknya lebih senang bermain hp saat di rumah dan susah untuk memahami materi matematika ketika belajar di sekolah, selain itu dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang cepat semakin banyaknya aplikasi pembelajaran yang dibutuhkan untuk visualisasi dan sekaligus belajar  materi dengan menggunakan teknologi digital sehingga dalam penelitian ini memunculkan ide pengmas (pengabdian masyarakat) berupa pelatihan Penggunaan Media Digital sebagai Visualisasi Teknologi Pembelajaran untuk Guru SMP LabSchool FIP UMJ Tangerang Selatan menggunakan Desmos. Permasalahan yang saat ini pasca pandemi Covid-19 menyebabkan banyak guru dan orang tua yang kesulitan selama mendampingi anak-anak belajar baik di sekolah maupun di rumah. Anak-anak yang ketika di rumah sudah terbiasa bermain HP dan susah belajar karena tidak adanya media digital untuk mereka belajar di rumah bahkan mereka bisa belajar sendiri di rumah. Solusi dari permasalahan tersebut maka dibuatkanlah aktivitas yang menyenangkan berupa pelatihan Penggunaan Media Digital sebagai Visualisasi Teknologi Pembelajaran untuk Guru SMP menggunakan Desmos, harapannya media tersebut bisa memudahkan peserta didik untuk belajar dan tentunya guru untuk mengajar.

References

Attard, C., & Holmes, K. (2020). An exploration of teacher and student perceptions of blended learning in four secondary mathematics classrooms. Mathematics Education Research Journal. https://doi.org/10.1007/s13394-020- 00359.

Belnap, J. K., & Parrott, A. (2020). Putting Technology in Its Place. Mathematics Teacher: Learning and Teaching PK-12, 113(2), 140– 146.

Chusyairi, A., Setiyadi, D., Saludin, S., & Pramudita, R. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Google Classrom di SMAN 15 Kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 44–50.

Dalal, M., Archambault, L., & Shelton, C. (2017). Professional Development for International Teachers: Examining TPACK and Technology Integration Decision Making. Journal of Research on Technology in Education, 49(3–4), 117–133.

Desmos. (2021b). Professional Learning. Retrieved March 14, 2021, from Learn Desmos website: https://learn.desmos.com/professional-learning.

Duff, A. (2020). Student exploration of functions and their graphs with Desmos. In S. Ferns, J. Christie, & C. Ferguson (Eds.), Technology Tools for Teaching in Higher Education, The Practical Handbook Series. Centre for Higher Education Research, Policy & Practice.

Hill, H. C., Rowan, B., & Ball, D. L. (2005). Effects of Teachers’ Mathematical Knowledge for Teaching on Student Achievement. American Educational Research Journal, 42(2), 371–406.

Ishartono, N., Kristanto, Y. D., & Setyawan, F. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Matematika SMA dalam Memvisualisasikan Materi Ajar dengan Menggunakan Website DESMOS. Proceeding of The 8th University Research Colloquium 2018: Bidang Pendidikan, Humaniora Dan Agama, 78–86. Purwokerto: UMP Press.

King, A. (2017). Using Desmos to Draw in Mathematics. Australian Mathematics Teacher, 73(2), 33–37.

Koh, J. H. L., Chai, C. S., & Lim, W. Y. (2017). Teacher Professional Development for TPACK21CL. Journal of Educational Computing Research, 55(2), 172–196. https://doi.org/10.1177/0735633116656848.

Kristanto, Y. D. (2018). Modul Guru: Mengupayakan Diskursus dan Penalaran Matematis dengan Desmos.

Kristanto, Y. D. (2021). Pelatihan Desain Aktivitas Pembelajaran Matematika Digital dengan Menggunakan Desmos. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.2, No. 3.

Kristanto, Y. D. (2019). Creating Interactive and Mathematically Rich Activity with Desmos.

Meyer, D. D. (2020). Social and Creative Classrooms. Mathematics Teacher: Learning and Teaching PK-12, 113(3), 249–250. https://doi.org/10.5951/MTLT.2019.0293.

Orr, J. (2017). Function Transformations and the Desmos Activity Builder. The Mathematics Teacher, 110(7), 549–551.

Sadler, T. D., Friedrichsen, P., Zangori, L., & Ke, L. (2020). Technology-Supported Professional Development for Collaborative Design of COVID-19 Instructional Materials. Journal of Technology and Teacher Education, 28(2), 171– 177. Retrieved from https://www.learntechlib.org/primary/p/216087.

Scherer, R., Siddiq, F., & Tondeur, J. (2020). All the same or different? Revisiting measures of teachers’ technology acceptance. Computers & Education, 143, 103656. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103656.

Verhoef, N. C., Coenders, F., Pieters, J. M., van Smaalen, D., & Tall, D. O. (2015). Professional development through lesson study: teaching the derivative using GeoGebra. Professional Development in Education, 41(1), 109–126.

Xie, K., Kim, M. K., Cheng, S.-L., & Luthy, N. C. (2017). Teacher professional development through digital content evaluation. Educational Technology Research and Development, 65(4), 1067–1103. https://doi.org/10.1007/s11423-017- 9519-0.

Downloads

Published

2023-10-26