PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STEAM-H DI KELAS I MIS HANDAPHERANG SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI SEKOLAH ADIWIYATA

Feri Bakhtiar Rinaldi, Ai Tusi Fatimah, Bahana Aditya Adnan

Abstract


Madrasah Ibtidaiyah Handapherang merupakan sekolah adiwiyata nasional yang melaksanakan gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah.  Pelaksanaannya memiliki standar yang diantaranya adalah pelaksanaan pembelajaran pada mata Pelajaran yang mengintegrasikan Perilaku Ramah Lingkungan Hidup di Sekolah.  Keberadaan RPP atau modul ajar yang sudah terintegrasi dengan  Perilaku Ramah Lingkungan Hidup masih sangat minim sehingga pendampingan perlu dilakukan dengan tujuan mengembangkan inovasi pembelajaran yang mendukung penerapan PRLH sebagai upaya optimalisasi program Adiwiyata,  menambah kuantitas RPP berbasis proyek yang terintegrasi dengan penerapan PRLH, merancang pembelajaran terintegrasi dalam beberapa mata pelajaran dengan pendekatan STEAM-H. Pendampingan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan pembuatan RPP atau modul bagi guru dan pendampingan proses pembelajaran berbasis proyek. Proyek yang diberikan guru kepada peserta didik kelas 1 pada pembelajaran ini adalah operasi penjumlahan dan pengurangan 1-20 dengan menggunakan peralatan hydroponik system Wicks. Guru melaksanakan semua sintak tanpa ada yang terlewat dan peserta didik mengikuti pembelajaran dengan baik serta mampu mengerjakan proyek yang ditugaskan oleh guru. Pembelajaran terintegrasi PRLH menjadi lebih menyenangkan karena peserta didik selain belajar berhitung juga belajar tentang hidroponik. Guru kelas 1 MIS Handapherang mampu mengembangkan inovasi pembelajaran yang mendukung penerapan PRLH sebagai upaya optimalisasi program Adiwiyata sehingga menambah kuantitas RPP berbasis proyek yang terintegrasi dengan penerapan PRLH, merancang pembelajaran terintegrasi dalam beberapa mata pelajaran dengan pendekatan STEAM-H, serta menambah kuantitas sarana dan teknologi pendukung penerapan pembelajaran berbasis proyek yang dapat digunakan di kelas 1.


Full Text:

PDF

References


Anggraini PD, Wulandari SS.(2020) Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Peserta didik. J Pendidik Adm Perkantoran.;9(2):292–9.

D’Ambra LN.(2014). A Case Study of Project-Based Learning in an Elementary School Setting. Diss Abstr Int Sect A Humanit Soc Sci [Internet].;74(8-A(E)). Available from: http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=psyh&AN=2014-99031-208&login.asp&site=ehost-live&scope=site

Fatimah AT, Isyanto AY, Toto. (2022).Pengantar untuk Konversi Pendidikan STEM ke STEAMH. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia. 1–83 p.

Fatimah AT, Isyanto AY, Toto.(2022). Konteks dan Konsep Matematika di SMK/MAK Agribisnis dan Agriteknologi Sebuah Pengantar Menuju Merdeka Belajar. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia. 1–66 p.

Fatimah AT, Isyanto AY, Toto T.(2022). Integrator Kontekstual untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Kejuruan Program Agribisnis Perikanan. Pros Semin Nas … [Internet]. Available from: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/14215%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/download/14215/7372

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. (2019). Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2019 Tentang Penghargaan Adiwiyata.

Kusumo, R.A.B, Sukayat, Y., Heryanto, M.A, Wiyono, S.N.(2020). Budidaya Sayuran dengan Teknik Vertikultur untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Rumah Tangga di Perkotaan. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat.9(2) : 89 – 92.

Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan - BP2SDM.(2020). Panduan Pembinaan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 1–23 p.

Rulyansyah, A. (2019). Model Penanaman Hidroponik Sawi Daging Sumbu Wick Sederhana Untuk Pemenuhan Gizi Pencegah Stunting. Jurnal Abadi Panca Marga. 1(1): 1 - 5.

Subandi.(2011).Deskripsi Kualitatif sebagai Satu Metode dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia. 11(2): 173 – 179.

Tempera T. (2022). Project-based learning in initial teacher education : contributions for the professional development of elementary school teachers A metodologia de trabalho de projeto na formação inicial de professores : contributos para o desenvolvimento profissional de;1–13.

Untari E, Sukamti S.(2018). Science Learning in Elementary School with Project Based Learning Model. 244(Ecpe):42–6.

Yusuf, B. B. (2017). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan.1(2):13-20


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ