Analisis Umur Pemakaian Sistem Shaft Propeller pada Kapal di PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Galangan Jakarta I

Ahmad Ikbal, Windarta Windarta, Fadwah Maghfurah, Ratna Dewi Nur’aini, Riki Effendi

Abstract


Perkiraan umur material shaft pada kapal Seroja pada PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari Galangan Jakarta I berguna menentukan jadwal perbaikan. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menganalisis umur pemakaian sistem shaft propeller, menentukan kekuatan Shaft Propeller dengan melihat faktor keamanan yang sesuai, dan menentukan umur kelelahan (fatigure life) Shaft Propeller. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan metode hybrid (bauran) karena masih dalam suasana pandemi covid-19. Tahapan pengabdian masyarakat kepada PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari Galangan Jakarta I diawali dengan survey tentang permasalahan yang dihadapi Perusahaan terutama sistem shaft pada kapal pada tanggal 10 Februari – 8 Maret 2022. Tahap berikutnya adalah menganalisis umur pakai system shaft kapal Seroja dan tahapan ketiga mencari alternatif pemecahan permasalahan yang dihadapi dilakukan dengan daring. Tahap keempat melakukan evaluasi terhadap Langkah yang sudah diambil. Berdasarkan hasil analisis umur pakai sistem shaft didapat hasil pemeriksaan umur pamakaian shaft propeller pada setiap kapal harus beradasarkan tingkat keandalan komponen dan waktu oprasional dengan pendekatan teori keandalan. Shaft propeller harus dicabut dan direparasi pada selang waktu 3 (tiga) tahun untuk pelumasan air laut, dan pada selang 5 (lima) tahun untuk pelumasan minyak. Kerusakan yang terjadi pada shaft propeller dapat menyebabkan penurunan output dari sistem tersebut dan dapat menyebabkan kerusakan besar sehingga tidak dapat bekerja sama sekali.


Full Text:

PDF

References


Adji, S. W. (2006). Retrieved November 1, 2019, from Pengenalan Sistem Porpulasi Kapal: https://www.academia.edu/6952523/PENGENALAN_SISTEM_PORPULASI_KAPAL?auto=download.

Biro Klasfikasi Indonesia, Rules for the classification and construction of sea going steel ship Volume I, PT. Biro Klasifikasi Indonesia, Jakarta, 2003.

Biro Klasifikasi Indonesia 2013, Volume II Rules for the Classification. Part 1 seagoing ships. Jakarta: PT. Biro Klasifikasi Indonesia.

Carlton, J. (2007). marine Propellers and Propulsion 2nd Edition. Oxford: Butterworth-Heinemann.

Chougle, S., & Walke, S. M. (2015). Generations of Crude Oil. American International Journal of Research in Science, Tecnology, Engineering & Mathematics, Vol. 4(10), 309-313.

Danismalik, Muhendislik Ltd. Sti. (2010). Rectrieved November 1, 2019, from Stainless Stell-Grade 304: https://www.dm-consultancy.com/TR/dosya/1-59/h/aisi-340-info.pdf

Hendrawan, A. (2018). ANALISA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA NELAYAN. Jurnal Saintara, 3(1).

Hendrawan, A. (2019). ANALISA INDIKATOR KESELAMATAN PELAYARAN PADA KAPAL NIAGA Andi. Jurnal Saintara, 3(2).

Hutama, M. H., Yudo, H., & Iqbal, M. (2016). Analisa kelelahan Rantai Jangkar dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga. Jurnal Teknik Perkapalan, 638-648.

Lewis, E. V. (1988). Principles of Naval Architecture, Jersey City: Society of Naval Architects & Marine Engineers.

Maning, G. C. (1998). The Theory and Thencnique of Ship Design. New York: Jhon Wiley & Sons, Inc.

Prayoga, N. B., & Aryawan,W. D. (2016). Desain Self-Propelled Oil Barge (SPOB) Untuk Distribusi Crude Oil di Kabupaten Sorong. Papua Barat. Jurnal Teknik ITS, Vol. 5(1). G19-G24.

Ridho, M., Zakki, A. F., & Manik, P. (2015). Analisa Fatigure Propeller Tugboat Ari 400HP dengan Metode Elemen ingga. Jurnal Teknik Perkapalan, Vol. 3(1), 110-117.

Santosa, M. G. (2016). Porpulasi Kapal Dalam Tinjauan Uji Model. Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim WAVE, Vol. 3(1), 25-30.

Surjo W. Adji. (2005). ENGINE-PROPELLER MATCHING. Engine Propeller Matching, 1-31.

Tamjidillah, M., & Mursadin, A. (2002). INFO-TEKNIK Analisa Alternatife Produk Baling-Baling Dengan Pendekatan Rekayasa Nilai. INFO-TEKNIK, 3(1), 8-19.

Yulianto, T., & Ariesta, R. C. (2019). Analisis Kekuatan Shaft Propeller Kapal Rescue 40 Meter dengan Metode Elemen Sehingga. KAPAL: Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Kelautan, Vol. 16(3),100-105.

Zhang, Y. M., He, X. D., Liu, Q. L., & Wen, B. C. (2015). Reability-Based Optimization and Robust Design of a Coil Tube-Spring with Non-Normal Distibution Parameters. Jurnal Mechanical Engineering Science, Vol. 219(6). 567-575.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ