DESAIN TAMAN RUMAH TINGGAL RW 15 PERUMAHAN DUTA MEKAR ASRI CILEUNGSI BOGOR

Ratna Dewi Nur’aini, Ashadi Ashadi, Finta Lissimia, Anisa Anisa, Dahlia Nauly

Abstract


Taman rumah tinggal menjadi elemen penting dalam pengembangan lingkungan perumahan, menciptakan ruang luar yang indah, fungsional, dan harmonis bagi penghuninya. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi desain taman rumah tinggal dalam konteks perencanaan lingkungan perumahan yang berkelanjutan di wilayah RW 15 Perumahan Duta Mekar Asri, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat sebagai mitra pengabdian masyarakat. Metode yang digunakan dalam program pengabdian kepada masyarakat ini diawali dengan observasi kondisi eksisting rumah tinggal yang akan dijadikan objek desain. Selain itu juga dilakukan wawancara dengan penghuni untuk memahami kebutuhan dan preferensi penghuni. Hasil dari program pengabdian kepada masyarakat ini menghasilkan beberapa alternatif desain taman yang menggabungkan estetika alam dengan fungsionalitas praktis, menciptakan ruang terbuka yang nyaman, berkelanjutan, dan memenuhi kebutuhan beragam penghuni. Desain taman ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi pengembangan lingkungan perumahan sekitarnya, mengedepankan harmoni antara manusia dan alam, serta meningkatkan kualitas hidup penghuni.


Full Text:

PDF

References


Budiyono, D. … Asnah, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penataan Taman Rumah Tinggal RW 09 Kelurahan Merjosari, Kota Malang. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 8(1), 95–100. https://doi.org/10.33366/japi.v8i1.5001

Dahlan, D. T. (2019). Dekorasi Taman Vertikal pada Rumah Minimalis. Universitas Mercu Buana Jakarta.

Damayanti, S. … Aminah. (2023). Perancangan Hardscape Rumah Susun Cinta Kasih , Cengkareng Timur , Jakarta Barat , Provinsi DKI Jakarta. TRAVE, XXVII(2), 40–54.

Kemalawati, A. (2021). Penataan Ruang Untuk Rumah Tinggal. Abdimas Akademika, 2(01), 20–26.

Kurniawaty, P. … Surjokusumo, S. (2012). Kajian Konsep Desain Taman dan Rumah Ttinggal Hemat Energi. Jurnal Lanskap Indonesia, 4(1), 1–8.

Lissimia, F. … Said, R. N. (2022). Penyuluhan Penataan Taman Rumah Tinggaldi Lingkungan Rw 15 Dan Rw 18 Perum Duta Mekar Asri Desa Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, (E-ISSN: 2714-6286). Retrieved from http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Ratnawati, T. (2017). Potensi dan Prospek Lahan Pekarangan Sebagai Ruang Terbuka Hijau Dalam Menunjang Kota Cerdas. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Matematika, Sains Dan Teknologi, (26), 42–51.

Simangunsong, N. I. … Sintorini, M. M. (2022). Penyuluhan Desain Taman Rumah Tinggal yang Ekologis di RW 07 Kelurahan Rawabuntu Serpong, Tangerang. Jurnal AKAL: Abdimas Dan Kearifan Lokal, 3(1), 60–68.

Sintia, M., & Murhananto. (2004). Mendesain, Membuat, dan Merawat Taman Rumah. Jakarta: AgroMedia Pustaka.

Zaen, A. E. P. (2022). Pemanfaataan Pekarangan Rumah Sebagai Taman Rumah Minimalis. Politeknik Negeri Jember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ