Penerapan Teknologi Game Edukasi dengan Pendekatan Diferensiasi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SDN 4 Merak Batin

Yuri Rahmanto, Tien Yulianti, Rakhmat Dedi Gunawan, Afit Santoso

Abstract


Kebijakan Pemerintah dalam Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar menuntut adanya pembelajaran yang fleksibel dan adaptif, sehingga mampu menampung berbagai potensi dan kebutuhan siswa. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, Penerapan Teknologi Game Edukasi dengan Pendekatan Diferensiasi untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa di Sekolah Dasar menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan. Urgensi kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran dan mengoptimalkan potensi siswa secara individu. Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan teknologi game edukasi yang mempermudah guru dalam proses pembelajaran dengan pendekatan diferensiasi di kelas. Dalam konteks Kurikulum Merdeka Belajar, kegiatan ini sangat relevan karena menekankan pada pembelajaran yang adaptif dan memperhatikan kebutuhan serta potensi siswa secara individu. Penggunaan teknologi game edukasi dan pendekatan diferensiasi juga sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka Belajar yang memberikan kebebasan siswa untuk menentukan jalannya sendiri dalam proses pembelajaran. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada guru-guru di SDN 4 Merak batin ini dapat meningkatkan wawasan guru mengenai penerapan Teknologi game edukasi dengan pendekatan diferensiasi sebesar 5.26%.


Full Text:

PDF

References


Adnin, A. B., Rahmanto, Y., & Puspaningrum, A. S. (2022). Pembuatan Game Edukasi Pembelajaran Kata Imbuhan Untuk Tingkat Sekolah Dasar (Studi Kasus Sd Negeri Karang Sari Lampung Utara). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(2), 202–212. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Chen, J., & Wang, X. C. (2018). The Effects of Digital Game-Based Learning on Early Literacy in Kindergarten. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(10).

Jia, W., Li, R., Li, X., & Wang, J. (2021). Gamification and Its Effect on Learning Outcomes: A Systematic Literature Review. Journal of Educational Computing Research, 59(1).

Muhammad Arif Julyananda, Yulianti, T., & Pasha, D. (2022). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Demonstrasi Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(3), 89–95. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/2416/707

Rahmanto, Y., Surahman, A., Putra, A. D., Sena, F. Y., Teknik, F., & Indonesia, U. T. (2023). Pelatihan Game for Education pada SMK Negeri 1 Tegineneng. 4(1), 100–104.

Ricketts, T. G., & Pinkerton, L. L. (2021). Using Differentiated Instruction to Improve Academic Outcomes of Gifted Students. Journal for the Education of the Gifted, 44(1).

Sprenger, M. S., & Hall, K. R. (2021). Differentiated Instruction and the Inclusive Classroom: A Systematic Review. Journal of Educational Research & Practice, 11(2).

Surahman, A., Gunawan, R. D., & Febryansyah, R. (2023). Pelatihan Pembuatan Game for Education bagi Guru dan Siswa SMKN 7 Bandar Lampung. 4(1), 39–44. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v4i1.110

Wilis, M. A., & Man, A. R. (2018). Differentiated Instruction: An Analysis of Its Use in a K–12 Public School District. Journal of Research in Education, 28(1).

Wong, M. Y., Wu, Y. P., & Lee, T. Y. (2020). An Analysis of the Effectiveness of an Educational Game in Developing Young Children’s Cognitive Skills. Journal of Educational Technology & Society, 23(4).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ