PENDAMPINGAN PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SI APIK DAN KERJASAMA KEMITRAAN RANTAI PASOK PADA USAHA MIKRO KEDAI PISANG

Sutanti Sutanti, Azizatul Munawaroh, Henni Wijayanti, Sahidin Sahidin, Fery Febrianto

Abstract


Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan bekerjasama dengan usaha mikro kedai pisang yang berlamat di Jl. lele raya ciledug RT.002 RW. 005 Desa Bambu Apus Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Usaha yang dijalankan adalah usaha perdagangan buah-buahan di pinggir jalan dengan memanfaatkan trotoar pinggir jalan menuju kompleks perumahan Griya Jakarta. Lokasi mitra PKM sekitar 10,5 KM dari Universitas Muhammadiyah Jakarta. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah masalah manajemen keuangan yang masih sangat sederhana karena sistem pencatatan yang masih sangat terbatas serta tidak adanya laporan keuangan sehingga tidak bisa melihat kinerja sesungguhnya dari usaha yang dijalankan serta masalah menajemen pemasaran yang masih terbatas pada penjualan kepada konsumen akhir dan minimnya kerjasama kemitraan rantai pasok dengan berbagai pihak yang mampu menjaga stabilitas sirkulasi perdagaagan pisang. Oleh karena itu tim PKM ingin melakukan binaan dengan memberikan pendampingan pembuatan laporan keuangan menggunakan aplikasi si apik agar kinerja keuangannya dapat terukur secara akurat dan kerjasama kemitraan rantai pasok agar terhindar dari kerugian akibat pisang terpaksa harus dibuang karena kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk dijual. Hasil yang dicapai dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu : 1). Tercetaknya laporan posisi keuangan (Neraca) per 30 juni 2023; 2). Tercetaknya laporan laba rugi per juli 2023; 3).Tercetaknya laporan arus kas per juli 2023; 4). Tercetaknya laporan kinerja keuangan (rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas, rasio perputaran modal kerja, rasio kinerja operasi, repayment capacity). 5). Terjalinnya Kerjasama kemitraan dengan toko kue Alfina, pisang gorang Pontianak, dapoer anas, nasi uduk pamulang, roti bakar parahiyangan, cilalula café dan Bsu Coffe.


Full Text:

PDF

References


Bahri. (2018). Kewirausahaan Islam : Penerapan Konsep Berwirausaha dan Bertransaksi Syariah dengan Metode Dimensi Vertikal (Hablumminallah) dan Dimensi Horizontal (Hablumminannas). Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis, 67-87.

Muhammad Rizal Saragih, s. d. (2020). Pendampingan penyusunan laporan keuangan berbasis EMKM melalui si apik. seminar nasional & pengabdian kepada masyarakat 2020 (Senantias 2020) (pp. 1459-1464). Kota Tangerang Selatan: LPPM Universitas Pamulang.

Putri, F. C. (2021). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Menggunakan Aplikasi Siapik. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 93-101.

Putri, F. C. (2022). Laporan Keuangan Menggunakan Aplikasi SIAPIK Bagi UMKM Oti Mbootz. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 504-508.

Primiana, I. (2009). Ancaman Vs Peluang dalam Menumbuhkan UMKM dalam Menggerakkan Sektor Riil dan Industri. Bandung: Alfabeta.

Syafaruddin. (2020). Islam dan Kemitraan Bisnis. Yogyakarta: Trust Media Publishing.

Anastasya,A. (2020). UMKMINDONESIA.ID. Retrieved from https://www.ukmindonesia.id: https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/268.

http://p2ptm.kemkes.go.id/tag/khasiat-dan-manfaat-pisang_3 maret 2018. diakses 28 mei 2023


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ