Menggali Potensi UMKM: Pelatihan Digital Marketing Sebagai Kunci Keberlanjutan Usaha

Mariin M Ghanilowe, Agustine Dwianika, Fitriyah Nurhidayah, Augury El Rayyeb

Abstract


Teknologi digital sudah sangat dikenal di era ini bahkan untuk berbagai jenis usaha, termasuk UMKM. Pemanfaatan teknologi digital yang tepat dapat memberikan banyak dampak positif bagi penggunanya. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan pemasaran bagi produk bisnis yang dimiliki oleh para pelaku UMKM. Studi ini merupakan hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat pada sektor makanan dan minuman di Tangerang Selatan dengan melakukan 2 tahapan yaitu survei akan kemampuan digital marketing peserta, dan kemudian tahap pelaksanaan pengabdian. Hasil studi digambarkan dengan analisis dari hasil pre-test dan post-test akan kemampuan digital marketing responden yang terbukti meningkat kemampuan analisa persaingan pasar dari semula 40% menjadi 85%; kemampuan membuat profil media sosial semula 20% menjadi 70%; kemampuan membuat logo usaha semula 48% menjadi 80% ; dan kemampuan memilih foto produk terbaik semula 20% menjadi 76%. Hasil kegiatan ini berdampak baik bagi peserta untuk meningkatkan keberlanjutan usaha kecil di masa depan.


Full Text:

PDF

References


Dwianika, A., Nugraha, H., & Angelina, D., (2022). Modul Panduan Penggunaan Aplikasi “BukuWarung”. Modul Pengabdian Masyarakat.

Dwianika, A. Dan ; Biasini, N. Komunikasi Efektif dan Digitalisasi Teknologi pada Tingkat Kepatuhan Pajak (Studi pada Masyarakat Urban). Jurnal Online Insan Akuntan v. 5, n. 2, p. 169-182, jan. 2021. ISSN 2528-0163. Available at: . Date accessed: 27 sep. 2023. doi: https://doi.org/10.51211/joia.v5i2.1436.

Elisa Susanti. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, Volume 1, 36. Http://Jurnal.Unpad.Ac.Id/Sawala/Article/View/26588/Pdf

Yahya Ibnu Syifa. (2021). Pelatihan Umkm Melalui Digital Marketing Untuk Membantu Manajemen, 9(13).

Octavina, L. A., & Rita, M. R. (2021).Digitalisasi umkm, literasi keuangan, dan kinerja keuangan: Studi pada masa pandemi Covid-19. Journal of Business and Banking, 11(1), 73-92.

Ali, 2018; Sanjaya, (2020). termasuk penggunaan teknologi guna mencapai tujuan pemasaran serta usaha penyesuaian maupun pengembangan konsep pemasaran, dapat berkomunikasi secara global dan mengubah cara bisnis yang dilakukan perusahaan dengan pelanggan

American Marketing Association (AMA) (2017). Digital marketing merupakan proses, aktivitas dan institusi yang difasilitasi oleh teknologi digital dalam mengkomunikasikan, menciptakan serta menyampaikan berbagai nilai pada pihak berkepentingan dan konsumen.

Sawicky (2017), digital marketing asuatu eksploitasi terhadap penggunaan teknologi digital guna menciptakan saluran untuk meraih penerimaan potensial yang bermanfaat demi mencapai tujuan perusahaan melalui kebutuhan konsumen yang dipenuhi secara lebih efektif.

Prasetya (2020). pengaruh aktivitas digital marketing pada perilaku konsumen secara online membuat dampak yang positif untuk membuat keputusan pembelian produk atau jasa suatu perusahaan yang mampu meningkatkan keuntungan perusahaan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ