Peningkatan Kompetensi Guru dalam Merancang Aktivitas Pembelajaran menggunakan Aktivitas Perkebunan Pagar Alam

Chika Rahayu, Irma Sendy, Yadi Yadi

Abstract


Berdasarkan perdirjen GTK 2626 tahun 2023 perihal kompetensi yang harus dimiliki oleh guru salah
satunya memiliki kompetensi pedagogik dan professional dengan menyusun
desain, melaksanakan, dan merefleksikan pembelajaran yang efektif serta memahami konten. Berkaitan dengan hal ini dalam kurikulum merdeka seorang guru diharapkan dapat merancang aktivitas pembelajaran yang beragam yang berpusat pada sisiwa. Namun tidak semua guru telah mampu merancang aktivitas sesuai dengan hal tersebut. Adanya kendala kurangnya keterampilan guru dalam perancangan aktivitas pembelajaran yang bervariasi dan memfasilitasi siswa secara kontekstual. Penggunaan konteks perkebunan dalam merancang Aktivitas Pembelajaran sangat tepat
digunakan karena relevan dengan kehidupan siswa. Tujuan dari kegiatan ini untuk
meningkatkan kompetensi guru dalam merancang aktivitas pembelajaran menggunakan konteks
perkebunan. Metode yang digunakan dalam pelatihan yaitu Identifikasi-Perencanaan-Pelaksanaan dan Evaluasi. Hasil kegiatan ini kompetensi guru lebih paham dalam merancang aktivitas pembelajaran yang berpusat pada siswa menggunakan konteks perkebunan. Para peserta antusias pada kegiatan ini dan menambah wawasan guru dalam memilih konteks pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Dengan menggunakan konteks Perkebunan Pagaralam sebagai starting point pembelajaran, aktivitas pembelajaran menjadi bervariasi dan guru mendapatkan ide untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran lainnya.


Full Text:

PDF

References


Anggraena, Y; Ginanto, D; Felicia, N; Andiarti, A; Herutami, I; Alhapip, L; Iswoyo, S; Hartini, Y; Mahardika, RL. 2022. Pembelajaran Dan Asesmen. Jakarta.

Askhabul Kirom. 2017. “PERAN GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL.” Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3(1):70–79.

Aso, La, Maulid Teambo, and Zahrani. 2021. “PENDAMPINGAN TIM PERENCANAAN SEKOLAH ALAM KENDARI Muhammad.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat E-ISSN 1(1):101–7.

Bukit, Servista, and Weni Sarbaini. 2021. “Pemahaman Guru Sekolah Dasar Terhadap RPP Merdeka Belajar Di Kecamatan Sibolangit Tahun Ajaran 2020/2021.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Mahesa Research Center 1(1):58–66.

Putriani, Deska, and Chika Rahayu. 2018. “The Effect of Discovery Learning Model Using Sunflowers in Circles on Mathematics Learning Outcomes.” International Journal of Trends in Mathematics Education Research 1(1):22.

Sum, Theresia Alviani, and Emilia Graciela Mega Taran. 2020. “Kompetensi Pedagogik Guru PAUD Dalam Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(2):543.

Susanti, Sufyadi;Lambas;Tjaturigsih, Rosdiana;Fauzan, Amin Nur, Rochim;Sandra, Novrika;Setiyo, Iswoyo; Yayuk, Hartini; Marsaria, Primadonna; Mahardika, Rizal Listyo. 2021. Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA). Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Yestiani, Dea Kiki, and Nabila Zahwa. 2020. “Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar.” Fondatia 4(1):41–47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ