PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PERAJIN PANDAI BESI KAMPUNG DOKDAK DALAM PENGUATAN BRANDING PRODUK LOKAL MELALUI PENGGUNAAN MESIN GRAVIR LASER
Abstract
Mata pencaharian sebagai perajin pandai besi saat ini sudah jarang dilakukan. Hal ini disebabkan oleh cara berfikir masyarakat yang menganggap bahwa mata pencaharian tersebut sudah tidak sesuai dengan perkembangan. Salah satunya, di Kampung Dokdak. Di kampung ini terdapat kurang lebih 23 kelompok perajin pandai besi yang masih tetap mempertahankan matapencaharianya sampai saat ini. Namun dalam prosesnya para perajin terus menghadapi permasalahan yang tak kunjung selesai. Permasalahan tersebut terutama yang berkaitan dengan branding produk lokal yang masih tradisional. Tujuan kegiatan pengabdian ini yaitu untuk menyelesaikan permaslahan yang dihadapi mitra dalam penggunaan alat branding produk dari tradisional menjadi modern, yaitu dengan menggunakan mesin gravir laser. Metode dalam kegiatan pengabdian ini yaitu Participatory Action Research (PAR). PAR berorientasi pada pengembangan dan mobilisasi ilmu pengetahuan di tengah masyarakat agar masyarakat dapat menjadi aktor perubahan, bukan obyek pengabdian, melalui langkah-langkah yaitu pelatihan dan pendampingan disertai praktek dengan jumlah peserta sebanyak 10 orang. Hasil kegiatan pengabdian menunjukan adanya peningkatan kemampuan mitra dalam penggunaan mesin gravir laser dan terbentuknya branding produk yang lebih baik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan pengabdian permasalahan yang dihadapi oleh mitra dapat diselesaikan yaitu dengan adanya pembuatan branding produk menggunakan mesin gravir laser.
Full Text:
PDFReferences
Afandi, A., Nabiela, L., Wahyudi, N., & et.al. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Yogyakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI. Dipetik 2023, dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/71356/1/Buku.pdf
Enisari, A., Santoso, S., & Wahyuni, I. (2021). ANALISIS KEBERADAAN BRANDING DALAM MENUNJANG DIGITAL MARKETING PADA USAHA MINA GIRI. MSDJ : Management Sustainable Development Journal, 3(2), 71-80. Dipetik 2023, dari https://media.neliti.com/media/publications/515134-none-7748dae3.pdf
Guillaume, A. (1962). Metallurgy in the Old Testament. Palestine Exploration Quarterly, 94(2), 129-132. doi:https://doi.org/10.1179/peq.1962.94.2.129
Guspara, A. (2019). CRAFTMANSHIP : SUDUT PANDANG PANDAI BESI Craftmantship : A Review by Blacksmith. Dinamika Kerajinan dan Batik, 36(1), 1-16. doi:10.22322/dkb.V36i1.4149
Karsono, Purwanto, & Salman, A. M. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869-880. doi:http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2649
Mackenzie, D. S. (2008). History of quenching. International Heat Treatment and Surface Engineering, 2(2), 68-73. doi:https://doi.org/10.1179/174951508X358437
Malik, S. (2022, Oktober). Wawancara Perajin Pandai Besi Kampung Dokdak. (S. Malik, Pewawancara)
Misbah. (2023, Juni 26). Wawancara Kelompok Perajin Pandai Besi Kampung Dokdak. (Misbah, Pewawancara)
Murr, E. (2015). A Brief History of Metals. In: Handbook of Materials Structures, Properties, Processing and Performance. Switzerland: Springer International Publishing Switzerland. doi:https://doi.org/10.1007/978-3-319-01815-7_1
Philip, K., & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran (13 ed.). (B. Sabran, Penerj.) Jakarta: Erlangga. Dipetik 2023
Prayogo, D., Mufarida, A., & Kosjoko. (2018). PENGARUH KECEPATAN DAN DAYA MESIN LASER GRAVIR PORTABLE BERBASIS MICRO-CONTROLLER ARDUINO TERHADAP HASIL GRAVIR BAHAN KULIT SAPI PADA INDUSTRI KERAJINAN KULIT MA`WA LEATHER CRAFT JEMBER. Repository UnMuh Jember. Dipetik 2023, dari http://repository.unmuhjember.ac.id/5563/10/j.%20artikel.pdf
Supriyanto, A. (2011). Mengenal Sejarah Pande Besi Tradisional. Jurnal ISI Surakarta, 1-8. Dipetik Oktober 2023, dari https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/ornamen/article/download/1001/991
Suryana, A., Darna, N., & Pajriah, S. (2022). Pendampingan Penguatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Bagi Masyarakat Kampung Dokdak Untuk Peningkatan Perekonomian Masyarakat. HAPEMAS 4. 3, hal. 203-209. Malang: Universitas Negeri Malang. Dipetik 2023, dari http://conference.um.ac.id/index.php/hapemas/article/view/3771/2166
Suryana, A., Darna, N., Noorikhsan, F., & Maulana, R. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Perajin Pandai Besi Kampung Dokdak Dalam Pengembangan Desa Karya Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengurangi Pengangguran Di Desa. Ciamis: Universitas Galuh.
Susanti, E., & Oskar, P. (2018). Strategi Branding Dalam Membangun Ekuitas Merek UMKM (studi kasus: pusat oleh-oleh kota padang). IKRAITH EKONOMIKA, 1(2), 116-130. Dipetik Oktober 2023, dari https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/download/391/274/
Sutisna, A., & F. H. (2018). Rancang Bangun Prototipe Mesin Gravir Laser Berbasis Mikro-kontroler Arduino. Journal of Industrial Engineering, Scientific Journal on Research and Application of Industrial System, 3(2), 90-104. doi: 10.33021/jie.v3i2.525
Tawakal, G. (2022, Juli). https://inibaru.id/. Dipetik Oktober 2023, dari https://inibaru.id/: https://inibaru.id/tradisinesia/peran-pandai-besi-di-nusantara-dari-masa-ke-masa
Venesa, I., & Zainul, A. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-B. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 51(1), 44-48. Dipetik 2023, dari https://media.neliti.com/media/publications/189641-ID-pengaruh-citra-merek-brand-image-dan-har.pdf
Wertime, A. (1964). Man's First Ecounters With Metallurgy. Science, 146(3649), 1257-1267. doi:10.1126/science.146.3649.1257
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================