Penyuluhan Dan Pelatihan Pembuatan Ecobrick Sebagai Upaya Pemanfaatan Sampah Plastik Di Desa Tambiluk Kecamatan Petir Kabupaten Serang

Muhammad Oka Mahendra, Arbi Parianta Lukman

Abstract


Kepraktisan penggunaan plastik membuat plastik digunakan oleh banyak orang. Akibatnya sampah plastik menumpuk. Sampah plastik dapat mencemari lingkungan karena senyawa penyusunnya berbahaya dan mengandung logam berat. Pemerintah memiliki konsep 4R yaitu Reduce, Reuse, Recycle dan Replacement untuk mengurangi penumpukan sampah plastik dan mengurangi penggunaan plastik di masyarakat. Eco bricks merupakan penerapan konsep ini, khususnya konsep reduksi dan daur ulang. Tujuan dari pengabdian di desa Tambiluk ini adalah memanfaatkan sampah plastik menjadi produk bernilai guna untuk meminimalisir penumpukan sampah plastik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian dokumen, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan kualitatif serta disajikan secara naratif. Pelaksanaan pengabdian ini terbagi dalam dua kegiatan yaitu konsultasi dan pelatihan. Produk yang diperoleh dari melakukan pengabdian ini berupa kursi dan rak sepatu yang terbuat dari bahan botol plastik bekas dan sampah plastik.


Full Text:

PDF

References


Alkhajar, E. N. S., & Luthfia, A. R. (2020). Daur Ulang Sampah Plastik Sebagai Mitigasi Perubahan Iklim. Jurnal Penamas Adi Buana, 4(1), 61–64.

Anom, I. D. K., & Lombok, J. Z. (2020). Karakterisasi Asap Cair Hasil Pirolisis Sampah Kantong Plastik sebagai Bahan Bakar Bensin. Fullerene Journal of Chemistry, 5(2), 96–101.

Arvianti, E. Y., Masyhuri, M., Waluyati, L. R., & Darwanto, D. H. (2019). Gambaran Krisis Petani Muda di Indonesia. Jurnal Agriekonomika, 8(2), 168–180.

Asroni, M., Djiwo, S., & Setyawan, E. Y. (2018). Pengaruh Model Pisau pada Mesin Sampah Botol Plastik. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid), 1(1), 29–33.

Assuyuti, Y. M., Zikrillah, R. B., Tanzil, M. A., Banata, A., & Utami, P. (2018). Distribusi dan Je- nis Sampah Laut serta Hubungannya terhadap Ekosistem Terumbu Karang Pulau Pramuka, Panggang, Air, dan Kotok Besar di Kepulauan Seribu Jakarta. Majalah Ilmiah Biologi Biosfera : A Scientific Journal, 35(2), 91–102.

Avicenna, I. (2019). Pengelolaan Sampah Plastik yang Mudah dan Murah melalui Ecobrick. https://kkp. go.id/djprl/bkkpnkupang/artikel/11508-pengelolaan-sampah-plastik-yang-mudah-dan-mu- rah-melalui-ecobrick. Diakses pada tanggal 19 Desember 2022.

Babaremu, K. O., Okoya, S. A., Hughes, E., Tijani, B., Teidi, D., Akpan, A., Igwe, J., Karera, S., Oyin- lola, M., & Akinlabi, E. T. (2022). Sustainable Plastic Waste Management in a Circular Economy. Heliyon, 8(7), 1–6.

Dirjen PSLB3. (2019). Statistika 2019. https://pslb3.menlhk.go.id/portal/ditjen-pslb3. Diakses pada tanggal 19 Desember 2022.

United Arab Emirates architecture. (n.d.). Retrieved June 17, 2010, from UAE Interact website:


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ