Transformasi Digital Pada Umkm Kencana Melalui Program Bumisa Sebagai Bentuk Penguatan Ekonomi Kelurahan
Abstract
Kelurahan Kencana memiliki potensi UMKM yang cukup besar, sekitar 220 wirausaha yang berada di wilayah ini. Potensi UMKM Kelurahan Kencana memang sangat beragam dengan sejumlah produk-produk yang menarik dan kreatif, namun permasalahan itu muncul setelah pemanfaatan teknologi informasi yang masih kurang mumpuni di kalangan pelaku usaha. Oleh karena itu, perlu pemberdayaan pelaku UMKM Kelurahan Kencana melalui pelatihan perizinan/legalitas secara online, pelatihan kompetensi digital marketing, pelatihan pemetaan target pasar, pelatihan portal website, pembentukan paguyuban, membuat website khusus, dan pembuatan sekretariat sebagai sarana pendukung menuju UMKM Kelurahan Kencana menuju digitalisasi. Pelatihan dilaksanakan dengan strategi pelatihan mobile ke wilayah potensi UMKM. Hasil pelatihan menunjukkan peserta mampu meningkatkan hasil pendapatannya dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai media promosi dan penjualan serta peningkatan kemampuan dasar digital marketing dan penggunaan portal website. Kualitas hasil pelatihan menunjukkan hasil cukup baik, hanya ada beberapa yang terkendala kemampuan dasar untuk mengikuti arahan dan instruksi, dan sebagian peserta belum menguasai pengelolaan website. Oleh karena itu, proses pendampingan dan monitoring dilakukan secara berkelanjutan dan paralel, untuk kegiatan ini didampingi oleh tim BUMISA. Pemberdayaan dilanjutkan dengan pemotretan foto produk dari pelaku UMKM Kelurahan Kencana dan nantinya akan dimasukkan ke web bumisakencana.co.id.
Full Text:
PDFReferences
Amaliyah, E. D. E., & Nugroho, B. S. (2022). Improving Personal Financial Management
through Financial Technology, Financial Capability, and Spiritual Intelligence as Intervening Variable. Admisi dan Bisnis, 23(1), 57–70.
Andria, F. et al. (2022). Optimization of Modern Style Marketing in the Era of Disruptive Technology at SME’s Batik New Normal Bogor. International Journal of Business, Economics and Social Development. Vol. 3 No. 2 pp. 71-75.
Apriliana, D, S. Nawangsari, E. R. (2021). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Berbasis Kompetensi. Forum Ekonomi. 23(4) pp. 804-812.
Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 6 No. 2 pp. 233-247.
Avriyanti, S. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Usaha (Studi Pada UMKM Bidang Kuliner Di Kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis: Vol. 6, No. 1, pp. 61-73.
Darnis, F. Azdy, A, R. (2019). Pemanfaatan Media Informasi Website Proomosi (E-Commerce) sebagai Uapaya Peningkatan Pendapatan UMKM Desa Pedado. SINDIMAS.
Faddila, S, P. et al. (2023). Identifikasi Segmenting, Targeting, Positioning (Stp) Dalam Upaya Melejitkan Umkm Desa Sampalan Kabupaten Karawang. Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian (KNPP) Ke-3. E-ISSN: 2798-2580.
Hasan, E, S. Farisi, S, M. Ferdinand, N. (2023). Optimalisasi Potensi dan Peningkatan Daya Saing UMKM Cileungsi Melalui Program Pengabdian Masyarakat. JABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Pp. 8-13.
Kusumayanti, D. Wibisono, S. (2020). Pendampingan Promosi Digital Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan. Vol. 1 No. 2 pp. 171-180.
Manggu, B., & Beni, S. (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) Dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan Umkm Kota Bengkayang. Sebatik, 25(1), 27-34.
Nugroho, B. S., Purnamasari, E., Prahara, T., & Ayuwardani, M. (2022a). Penerapan Strategi Kaizen Production dan Integrated Digital Marketing Untuk Meningkatkan
Produktivitas dan Penjualan Tanaman Hias. Surya Abdimas, 6(2), 361–370.
Puspita, D. Angraini, L. Wati, R. Andewi, W. (2023). Sosialisasi Pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Perseorangan. Communio: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.1 No.3 pp.121-124.
Putri, et al. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN). Vol. 3 No. 2 pp. 828-839.
Qotrunnada, A. Ibrahim, A. Manggala, I. (2023). Analisis Segmenting, Targeting, dan Positioning terhadap Layanan PTP Lending Fintech Syariah UMKM. Jurnal Riset Perbankan Syariah (JRPS). Vol. 2 No. 1 pp. 17-26.
Rahmatin, D, Z. Azizah, N. (2023). Implementasi Social Media Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness Pada UMKM Keripik Pisang “Dua Putra Putri” Di Desa Karangan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 3 pp. 01-13.
Ridwansyah, et al. (2023). Sistem Informasi Inventaris Toko Berbasis web untuk UMKM Penyewaan Kostum. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis. Vol. 5 No. 3 pp. 289-295.
Rusmanah, E. Irawan, A, W. Andria, F. (2019). Implementasi Digital Marketing Guna Meningkatkan Peluang Pasar Produksi Hasil Ternak Puyuh Masyarakat Desa Galuga. Jurnal ABM Mengabdi. Vol. 6 No. 1 pp. 14-25.
Salmah. Andria, F. Rahmi, A. (2023). Pendampingan Hak Cipta Produk Untuk UMKM dan Koperasi RT RW Net Indonesia Di Desa TuguBandung. Rudence: Rural Development for Economic Resilience. Vol. 2 No. 2 pp. 93-100.
Sugiyanta, et al. (2023). Integrated Digital Marketing Sebagai Solusi Peningkatan Pendapatan Makanan Kecil Khas Daerah (MKKD) Sentra Industri Brem Wonogiri. Surya Abdimas. Vol. 7 No. 1 pp. 94 – 104.
Sulasno, S. & Nabila, U. (2020). Penerapan Perlindungan Hukum Kekayaan Intelektual Atas UMKM Melalui Program Sabtu Minggu di Kota Serang. Jurnal Ilmu Administrasi Negara ASIAN (Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara). Vol. 8 No. 1 pp. 27-32.
Tosida, et al. (2015). Pemberdayaan KelOmpok Penggerak Pariwisata (Kompepar) dalam Pengembangan Potensi Wisata Bogor Selatan.Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat: Vol. 1 No. 2 pp. 110-120.
Tosida, et al. (2020). Strengthening the Competitiveness of Micro-Businesses Based on Local Wisdom Though Digital Tourism Education Collaboration. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management Detroid Michigan, USA. pp. 2439-244.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================