COACHING CLINIC KEMAMPUAN KONDISI FISIK SISWA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO MELALUI TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY

RA Nugroho, RM Aguss, AD Putra, J Siregar

Abstract


SMAN 1 Sukoharjo memiliki permasalahan yang harus di selesaikan, terutama di bidang ektrakurikuler olahraga di antaranya: 1) Kurangnya pemahaman siswa terhadap latihan kondisi fisik, sehingga cenderung asal dalam melakukannya, 2) Belum adanya pemahaman tentang teknologi virtual reality dalam latihan kondisi fisik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka solusi yang ditawarkan yaitu 1) Memberikan coaching clinic kepada siswa dalam memahami aspek kondisi fisik yang mengikuti ektrakurikuler olahraga, dan memberikan pemahaman dalam peningkatan kondisi fisik melalui prinsip latihan baik dan benar, 2)  Memberikan coaching clinic kepada siswa dalam memahami teknologi terkini yang dapat menunjang dalam pengetahuan, pemahaman dan peningkatan aspek kondisi fisik. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan didapatkan adanya peningkatan pengetahuan dari teknologi virtual reality untuk olahraga dari total rata- rata dari pengetahuan teknologi Virtual Reality yang sebelumnya 35% meningkat menjadi 91 %. Selanjutnya berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan pada pelatihan penerapan teknologi virtual reality dalam latihan peningkatan kemampuan fisik siswa ekstrakulikuler olahraga di SMAN 1 Sukoharjo untuk push up menunjukan hasil pretes rerata 44,8 push up dan meningkat pada saat postes menjadi rerata 46,5, hal ini menunjukan terjadi peningkatan rata-rata 1,7 push up per siswa, kemudian adanya peningkatan pada kemampuan sit up , hal ini menunjukan hasil pretes rerata 42,2 sit up dan meningkat pada saat postes menjadi rerata 43,8, hal ini menunjukan terjadi peningkatan rata-rata 1,6 sit up per siswa serta adanya peningkatan pada kemampuan keseimbangan, hal ini menunjukan hasil pretes rata-rata 31,95 detik dan meningkat pada saat postes menjadi rerata 33,55 detik, hal ini menunjukan terjadi peningkatan rerata 2,28 detik per siswa.


Full Text:

PDF

References


Aguss, R. M., Nugroho, R. A., Mahfud, I., & Arifai, A. (2023). Pengenalan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) Siswa Ekstrakurikuler Olahraga di Sma Negeri 1 Penengahan Lampung Selatan. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(4), 244-247.

Fenanlampir, A., & Faruq, M. M. (2015). Tes dan pengukuran dalam olahraga. Penerbit Andi.

Gumantan, A., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengaruh Latihan Fartlek dan Cross Country Terhadap Vo2Max Atlet Futsal Universitas Teknokrat Indonesia. Jurnal Sport-Mu Pendidikan Olahraga UM Jember, 1(1), 1–9.

Harsono. (2015). Kepelatihan Olahraga. Remaja Rosdakarya.

Isnain, A. R., Putra, A. D., & Setiawansyah, S. (2023). Pengenalan Teknologi Metaverse Untuk Siswa SMK Budi Karya Natar. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(3), 132-136.

Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1), 31–37.

Nugroho, R. A., Yuliandra, R., Gumantan, A., & Mahfud, I. (2021). Pengaruh Latihan Leg Press dan Squat Thrust Terhadap Peningkatan Power Tungkai Atlet Bola Voli. Jendela Olahraga, 6(2), 40-49.

Nugroho, R. A., Aguss, R. M., & Ameraldo, F. (2023). Kebugaran Fisik Melalui Virtual Reality (VR) Siswa Ektrakurikuler Olahraga di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(4), 227-231.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ