PELATIHAN GOOGLE SITES SEBAGAI MEDIA PEMBEAJARAN BAGI GURU SEKOLAH INDONESIA JOHOR BAHRU

Vicky Dwi Wicaksono, Andhega Wijaya

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang media pembelajaran Google Sites sebagai media pembelajaran. Melalui kegiatan ini diharapkan guru lebih siap dalam hal meningkatkan kompetensi dan pemahaman peserta didik yang akan berdampak pada hasil belajar peserta didik yang memuaskan. Peserta pelatihan adalah guru-guru Sekolah Indonesia Johor Bahru, Malaysia. Terdiri atas guru sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Metode pelaksanaan meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi.Tahap persiapan meliputi observasi awal dan koordinasi dengan mitra terkait serta penyiapan materi pelatihan terkait media pembelajaran Google Sites dan tips dan cara-cara menggunakan Google Sites. Tahap pelaksanaan kegiatan pelatihan ini terbagi menjadi 2 sesi yaitu penyampaian materi dan pelatihan penggunaan google sites dalam pembelajaran. Selanjutnya pada tahap evaluasi dilakukan pemberian angket dan wawancara sebagai umpan balik. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan Google Sites dan handout pelatihan serta publikasi ilmiah di media massa.


Full Text:

PDF

References


Aminah, N., Amami, S., Wahyuni, I., & Rosita, C. D. (2021). Pemanfaatan teknologi melalui pelatihan penggunaan aplikasi google site bagi guru mgmp matematika smp kabupaten cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–29.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: pedoman teoritis praktisi pendidikan.

Arumingtyas, P. (2021). Peningkatan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Melalui Media Google Sites. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53839

Aulia, D., & Khalid Riefani, M. (2021). Google Site as a Learning Media in the 21st Century on the Protista Concept. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(3), 173–178. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bino

Ferismayanti, M. P. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19.

Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524

Harsanto, B. (2017). Inovasi pembelajaran di Era Digital: menggunakan Google sites dan media sosial. Unpad press.

Japrizal, J., & Irfan, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Covid-19Di Smk Negeri 6 Bungo. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 1(3), 38–44. https://doi.org/10.24036/javit.v1i3.33

Khabib, M., Nugroho, C., & Hendrastomo, G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Google Sites pada Mata Pelajaran Sosiologi kelas X. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(2), 59–70.

Moon, J., Do, J., Lee, D., & Choi, G. W. (2020). A conceptual framework for teaching computational thinking in personalized OERs. Smart Learning Environments, 7(1), 1–19.

Prayetno, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi Google Sites Dalam Meningkatkan Kompetensi Dan Kinerja Guru Bimbingan Konseling Di Era Digital.

Pubian, Y. M., & Herpratiwi. (2022). Penggunaan Media Google Site Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. AKADEMIKA : Jurnal Teknologi Pendidikan, 163–172.

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran kreativitas guru dalam penggunaan media belajar dan minat belajar dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMK di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95–113.

Roblyer, M., & Doering, A. H. (2007). Integrating educational technology into teaching. USA: Pearson, 2007.

Saputra, M. E. Y., & Effendi, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Google Site pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk Kelas XI TITL di SMK N 2 Payakumbuh. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 3(4), 47–53.

Wicaksono, V. D., & Paksi, H. P. (2023). Google Sites as ICT Learning in Indonesia : The Benefits and Implementation. 2022(2022), 266–289. https://doi.org/10.18502/kss.v8i8.13303

Yaumi, M. (2018). Media dan teknologi pembelajaran. Prenada Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ