PENDAMPINGAN PEMANFAATAN APLIKASI PUSTAKANESA DI SD INKLUSIF

Hitta Alfi Muhimmah, Mulyani Mulyani, Wahyu Sukartiningsih, Vicky Dwi Wicaksono, Julianto Julianto

Abstract


Literasi digital sangat penting dalam pembelajaran di era revolusi industri. Meskipun umumnya dikembangkan untuk anak-anak SD dengan perkembangan normal, SD Inklusif seringkali kurang mendapatkan akses literasi digital yang memadai. Oleh karena itu, Pendampingan pemanfaatan aplikasi Pustakanesa di SD Inklusif sebagai solusi yang dapat mendukung siswa dengan kebutuhan khusus. Platform ini merupakan strat up literasi digital yang dapat diakses bukan hanya siswa regular saja, melainkan juga dapat diakses siswa berkebutuhan khusus. Aplikasi tersebut dilengkapi dengan fitur-fitur audio book yang dapat diakses oleh anak tuna netra. Pendampingan  guru dalam penggunaan aplikasi ini dalam pembelajaran khususnya pada siswa ABK yang sewaktu-waktu dapat langsung diterapkan dalam pembelajaran di kelas sehingga peserta didik terbiasa  dalam menggunakan media pembelajaran berbasis elektronik dan interaktif, dan yang terakhir guru lebih siap dalam hal meningkatkan kompetensi dan pemahaman peserta didik yang akan berdampak pada peningkatan literasi digital dan hasil belajar peserta didik yang memuaskan. Metode pelaksanaan meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah sebesar 90% guru merasa terbantukan dan mendaptakan pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan media digital aplikasi Pustkanesa pada pembelajaran di kelas, terutama pada siswa ABK.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2022). Pengaruh pembelajaran berbasis multimodal terhadap kemampuan literasi membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 103–116.

Agustina, E., & Zayyadi, M. (2023). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Di Sekolah Inklusi. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 15–20.

Al Fajri, T. A. (2018). Pentingnya Penggunaan Pendekatan Multimodal Dalam Pembelajaran. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 2(1), 57–72. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2018.002.01.5

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: pedoman teoritis praktisi pendidikan.

Damayanti, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Aktivitas Literasi Berbasis Multimodal Di Kelas Iv Sds Amir Hamzah. UNIMED.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182.

Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.

Mudrikah, S., Ahyar, D. B., Lisdayanti, S., Parera, M. M. A. E., Ndorang, T. A., Wardani, K. D. K. A., Siahaan, M. N., Hanifah, D. P., Amalia, R., & Siagian, R. C. (2022). Inovasi Pembelajaran di Abad 21. Pradina Pustaka.

Pubian, Y. M., & Herpratiwi. (2022). Penggunaan Media Google Site Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. AKADEMIKA : Jurnal Teknologi Pendidikan, 163–172.

Rahmawati, Y., & Suharyati, H. (2022). Peningkatan Literasi Digital Dalam Pembuatan Bahan Ajar Multimedia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 977. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.977-984.2022

Rohmah, N. N. S., Ramadani, A., Ariyanto, A., Widiyasari, C., & Minih. (2023). Implementasi Gerakan Literasi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 10(1), 1–7.

Rukmana, A. Y., Zebua, R. S. Y., Aryanto, D., Nur’Aini, I., Ardiansyah, W., Adhicandra, I., & Setiawan, Z. (2023). DUNIA MULTIMEDIA: Pengenalan dan Penerapannya. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Rusmono, D. O. (2020). Optimalisasi pendidikan inklusi di sekolah: literature review. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 209–217.

Sahidah, N., & Kirana, T. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis teks multimodal untuk meningkatkan litersi sains siswa SD/MI. Jurnal Education And Development, 9(1), 370.

Wardana, M. K. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Literasi Bahasa Inggris Di Kampung Inggris Medan. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 2(1), 7–14.

Zayyadi, M., Lanya, H., Linarsih, Y., Saputra, A., & Zayyadi, M. (2023). Pendampingan Sekolah Inklusi Melalui Media Ethno Web Digital Dalam Implementasi Pembelajaran. 3(1), 799–807.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ