IMPLEMENTASI TEOLOGI AL MA’UN DALAM PENERAPAN NIB DAN SERTIFIKAT HALAL UNTUK UMKM DESA PAGEDANGAN

Muhammad Abiy Reza, Muhammad Sadam Wiguna, Liza Nora, Nurul Sriminati, Ichwan Arifin

Abstract


Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 14 hingga 30 September 2023 di Kantor Kepala Desa Pagedangan. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mendokumentasikan dan menganalisis implementasi prinsip-prinsip teologi al ma'un dalam membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Pagedangan dalam proses pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sertifikat halal. Metode penelitian yang digunakan mencakup observasi lapangan, wawancara dengan pemilik UMKM, serta analisis dokumen terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan ini akan menggambarkan bagaimana prinsip-prinsip teologi al ma'un, yang menekankan pentingnya saling membantu dan berkontribusi dalam masyarakat, dapat diimplementasikan dalam mendukung perkembangan UMKM. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana prinsip-prinsip teologi al ma'un dapat diterapkan dalam konteks sosial-ekonomi lokal. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memberikan panduan kepada pemangku kepentingan lainnya dalam upaya membantu UMKM Pagedangan dalam memperoleh NIB dan sertifikat halal, yang pada gilirannya akan mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.


Full Text:

PDF

References


sarfiah, s. n. (2019). UMKM SEBAGAI PILAR MEMBANGUN EKONOMI BANGSA. UMKM SEBAGAI PILAR MEMBANGUN EKONOMI BANGSA, 4(2), 1-189.

suci, y. r. (2008). PERKEMBANGAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) DI INDONESIA. PERKEMBANGAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) DI INDONESIA, (1), 1-31.

Pratiwi, N. I. (2017, Agustus). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Wawancara Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial. 1-23.

SEVIMA. (2020) PENGERTIAN LITERASI MENURUT PARA AHLI, TUJUAN, MANFAAT, JENIS, DAN PRINSIP. https://sevima.com/dunia-kampus/pengertian-literasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip . (diakses 5 September 2023)

Populix. (2023). Wawancara adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, Tahap, dan Tips. https://info.populix.co/articles/wawancara-adalah. (diakses 5 September 2023)

Komalasari, H., Rosikhu, M., Putri, D. A., Nalurita, I., Maharani, A. E. S. H., & Cahyadi, I. (2023). Pendampingan Pembuatan NIB untuk Kelegalitasan Usaha UMK Syahrini Snack di Lombok Tengah melalui OSS : JURNAL ILMIAH PENGABDIAN DAN INOVASI, 1(3), 357-362.

Gunawan, Andri. (2018). Teologi Surat al-Maun dan Praksis Sosial Dalam Kehidupan Warga Muhammadiyah. FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Vol. 5, No. 2, 161-178.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ