Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan untuk Peningkatan Daya Saing UMKM Makanan dan Minuman Di Jakarta Timur

Meri Prasetyawati, Wiwik Sudarwati, Thresya Febrianti, Andry Setiawan, Arman Saputra

Abstract


UMKM makanan dan minuman memiliki peranan penting sebagai penyedia kebutuhan pokok masyarakat.  Salah satu UMKM makanan dan minuman yang menjadi mitra kami adalah Dapur Khalila yang dikelola oleh ibu Eny Kuswinarty. Dapur Khalila merupakan usaha rumah tangga yang berada di wilayah Ciracas Jakarta Timur. Usaha ini menyediakan makanan berupa aneka kue basah, kue kering dan minuman, yang dibuat berdasarkan pesanan dari warga sekitar, sekolah dan kelurahan yang berada di wilayah Ciracas. Aneka kue basah maupun kering dikemas sesuai dengan pesanan. Usaha ini cukup berkembang, terbukti sejak usaha ini berdiri tahun 2014 hingga sekarang masih bisa bertahan. Permasalahan yang dialami oleh mitra adalah pengelolaan keuangan masih belum dikelola dengan baik, terbukti dengan tidak adanya pencatatan keuangan usaha. Oleh karena itu mitra tidak bisa mengetahui kinerja keuangan dari usahanya sehingga perencanaan pengembangan usaha menjadi lambat. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan terkait pengelolaan dan pencatatan keuangan. Permasalahan ini sangat urgent untuk ditangani mengingat laporan keuangan dapat memberikan informasi terkait kinerja keuangan suatu usaha sehingga dapat meningkatkan daya saing usaha tersebut. Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk membantu UMKM Dapur Khalila dalam mengatasi permasalahan penyusunan laporan keuangan usaha yang baik sesuai dengan standar akuntansi keuangan. Pelatihan ini dilaksanakan secara bertahap baik online maupun offline. Kegiatan dimulai dari pengisian pre-test, penyuluhan mengenai penyusunan laporan keuangan, dan pengisian post test. Hasil pengabdian masyarakat ini adalah UMKM Dapur Khalila membuat perhitungan harga pokok penjualan, laporan penjualan dan laporan laba rugi yang merupakan salah satu informasi dari  laporan keuangan.


Full Text:

PDF

References


Alifah Fidela, A. P. (2020). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dengan Program Pemasaran Desa Jambu Raya Kabupaten Sumedang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 493-498.

Amrie Firmansyah, A. A. (2019). Edukasi Akuntansi dan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Wikrama Parahita, 57-63.

Anak Agung Gde Satia Utama, D. P. (2019). Optimalisasi Kinerja UMKM Melalui Pelatihan Akuntansi Sederhana. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA, (pp. 357-360). Madiun.

Dwi Nur Indah Sari, I. W. (2023). Pengarahan dan Pencatatan Laporan Keuangan UMKM Untung Secara Terkomputerisasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bantenese, 142-155.

Hartelina, R. L. (2021). Penerapan Digital Marketing dan Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Penjualan Bagi UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat CARADDE, 337-345.

IAI. 2016. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Nuning Nurna Dewi, N. L. (2021). Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Kecil Menengah di Desa Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Karya Abdi, 139-145.

Nurazhari D, Dailibas. 2021. The Effect of Sales and Cost of Sales on Net Income. Bus Account. 4:509–515. www.idx.co.id.

Pipit Putri Hariani MD, I. M. (2020). Excel Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan. Jurnal Prodikmas, 50-58.

Satriani D, Kusuma VV. 2020. Perhitungan harga pokok produksi dan harga pokok penjualan terhadap laba penjualan. J Ilm MEA (Manajemen, Ekon dan Akuntansi). 4(2):438. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jtin/article/view/645.

Tiara Kusuma Dewi, K. R. (2021). Pendampingan Pengelolaan Keuangan Desa Adat Cepaka. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 841-845.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ