PELATIHAN PENYUSUNAN RPP TERBARU UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI LEMBAGA PENDIDIKAN GEMILANG CIPUTAT

Sa’diyah Sa’diyah, Anis Setiyanti, Mukti Ali, Lola Rahmadona, Nuraini Nuraini, Annisa Annisa, Lola Anggraini

Abstract


Pengabdian ini dilakukan karena belum maksimalnya pemahaman guru di Lembaga Pendidikan Gemilang untuk menyusun RPP Terbaru yang sesuai dengan Surat Ederan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019. Tujuan pengabdian ini adalah mensosialisasikan dan memberikan pelatihan pembuatan RPP Terbaru kepada guru di Lembaga Pendidikan Gemilang Ciputat. Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah pada program pengabdian masyarakat ini adalah service learning. Hasil pengabdian ini adalah (1) guru Lembaga Pendidikan Gemilang Ciputat sudah diberikan materi menyusun RPP Terbaru; (2)   guru Lembaga Pendidikan Gemilang Ciputat   sudah mampu menyusun RPP Terbaru dengan baik dan sesuai komponen. Ada beberapa hal yang ditemukan selama sosialisasi dan pelatihan penyusunan RPP Terbaru adalah sebagai berikut: (1) RPP Terbaru yang disusun oleh peserta sosialisasi masih melebihi satu halaman; (2) peserta masih kesulitan memilih model pembelajaran yang tepat dengan materi dan karakteristik peserta didik; (3)) peserta kebingunan dalam menentukan penilaian terkait ranah kognitif, psikomotor serta afektif. Penemuan selama sosialisasi dan pelatihan sudah dilakukan perbaikan, sehingga peserta sudah memahami dan mampu menyusun RPP Terbaru dengan baik. Sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pedagogik guru di Lembaga Pendidikan Gemilang, khususnya kompetensi pedagogik guru dalam Menyusun RPP Terbaru semakin membaik.


Full Text:

PDF

References


Bukhari, U. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Amzah.

Daradjat, Z. (2014). Ilmu Pendidikan Purwokerto: STAIN Press Sulastri, S. (2019). Pelatihan Penyusunan Perangkat Perencanaan Pembelajaran Kepada Para Guru. Jurnal Loyalitas Sosial, 1(1), 36. https://doi.org/10.32493/jls.v1i1.y2019.p36-46

Sunaryo, S., & Istiandaru, A. (2018). Workshop Penyusunan Silabus Dan Rpp Bagi Guru-Guru Sma/Smk Muhammadiyah Se- Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 441–466.

Tumanggor, R. O. (2018). Pengelolaan Perilaku Siswa Oleh Guru Di Sekolah Tunas Harapan Nusantara Bekasi Jawa Barat. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 146–152. Islam. Cet-11. Jakarta : Bumi Aksara.

Dewi, A. E. & Utaminingtyas, S. (2021). Pendampingan Penyusunan RPP “Satu Halaman” Bagi Guru Sekolah Dasar. Intan Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-14.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pemerintah Indonesia. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud.

Pemerintah Indonesia. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Jakarta : Kemendikbud.

Purnomo, S. A. (2019). Pemamfaatan Kolase dengan Media Kertas. Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa, 11(1), 70-75.

Ramayulis. (2012). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Kalam Mulia.

Suhartini, T. (2021). In House Training (IHT) Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP Merdeka Belajar. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education, 4(1), 66-76.

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69–80.

Meutia Vairuz, & Rohmah Ageng, M. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Kelas Dalam Pembelajaran Peserta Didik Tunarungu. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 19–27.

Nurfuadi. (2012). Profesionalisme Guru.

Hafizhatu Nadia dkk, (2020). Pelatihan Pembuatan RPP menggunakan Metode 4C’S bagi Guru guru MGMP Bahasa Inggris Kalimantan Selatan. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.4 No.3, 339-346

Lu’mu dkk, (2020) PKM Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran bagi Guru di Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat. Jurnal Pengadian UNM, Vol. 1 No1

Johari Marjan dkk, (2023), Pelatihan Pembuatan RPP untuk Guru MTs Al Mansuriyah NW Tetebatu, Vol 3, No.1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ