Manajemen Sarana Prasarana di Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah 35 Kemayoran Jakarta

Riza Samsinar, Haris Isyanto, Basit Al Hanif, Lutfi Lutfi, Sufirman Sufirman, Melati Miftahul Jannah, Mohammad MakhmalBaf, Hammas Alfariz, Muhamad Rahmat

Abstract


Sarana dan prasarana sekolah merupakan sumber daya yang penting penting dalam menunjang proses pendidikan di sekolah. Taman kanak-kanak merupakan salah satu bentuk satuan pendidikan prasekolah pada jalur pendidikan formal menyediakan program pendidikan untuk anak usia empat sampai enam tahun tahun. Salah satu upaya yang dilakukan Peningkatan kualitas TK memerlukan penyediaan infrastruktur yang memadai, Lengkap, berkualitas, cocok untuk perkembangan dan fasilitas anak prasekolah. Taman kanak-kanak ‘Aisyiyah 35 Jakarta merupakan salah satu prasekolah dibawah naungan organisasi kewanitaan Muhammadiyah ‘Aisyiyah ditingkat Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCM) Kemayoran. TK ‘Aisyiyah 35 mempunyai sarana dan prasarana, Namun sarana dan prasarana tersebut belum dikelola dengan baik, dan tidak sedikit yang mengalami kerusakan dibanyak tempat permainan dan fasilitas sekolah yang menghambat kegiatan Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dilakukan di Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah 35 Jakarta. Dengan Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara. Pengecekan keabsahan kondisi sekolah. Penelitian yang dilakukan dengan lima tahap proses pada manajemen sarana dan prasarana fasilita kegaiatn pendidikan untuk prasekolah TK ’Aisyiyah 35 Jakarta


Full Text:

PDF

References


Ningsih, D. R. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Tk Ananda Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung)

Purnama, S., & Mentari, R. (2022). Revitalisasi Area Wudhu TK RA Persis 106 di Jakarta Pusat. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 5(3), 333-338.

Anggraeni, Z., Natasya, Z. F., Asisah, W., & Ahyar, A. (2022). Kondisi Sarana dan Prasarana di Taman Kanak-Kanak Yayasan RA Melati Medan. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 428-437.

Mahmud, M. Y., Safitri, R., & Ristanti, D. (2022). Optimalisasi Manajemen Sarana Prasarana di PAUD Nurul Ihsan Tanjung Jabung Timur. JMiE (Journal of Management in Education), 7(1), 1-8.

Suwandi, S., Kurniawati, N. I., & Werdani, R. E. (2023). Revitalisasi Fasilitas Belajar Anak Usia Dini dalam Mendukung Tujuan SDG's Sektor Pendidikan di Pendidikan Anak Usia Dini. GOTAVA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17-20.

Profil Aisyiyah.or.id. Retrieved October 17, 2023, website: https://aisyiyah.or.id/profile/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ