PENGUATAN DAKWAH MUHAMMADIYAH MELALUI FLATFROM DIGITAL PADA MASYARAKAT TRADISIONAL SAUNG JINGGA PAMULANG
Abstract
Permasalahan yang ada pada mitra adalah minimnya pemahaman tentang perkembangan dakwah di era digital yang tidak bisa dipungkiri berdampak pada segala aspek kehidupan. Bagaimana dakwah Muhammdiyah memainkan peran sentral bagi masyarakat Saung Jingga dengan perubahan paradigma teknologi, maka dakwah Muhammadiyah harus survive atas perkembangan. Begitu juga terbentuknya budaya dan gaya hidup semakin intens dan masif infiltrasi budaya asing yang bertentangan dengan identitas kepribadian masyarakat dan agama. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan dengan lima tahapan yaitu, tahap Perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap mengerjakan soal atau latihan di akhir materi dan tahap monitoring dan pendampingan. Urgensi pengabdian masyarakat ini yaitu sejauh mana dakwah Muhammadiyah memberikan dampak kontributif bagi masyarakat tradisional Saung Jingga Pamulang. Adapun Tujuan pengabdian masyarakat ini. 1) Untuk menguatkan dakwah Muhammadiyah melalui flatform digital. 2) Untuk mengedukasi masyarakat tradisional agar mampu menggunanakan flatform digital untuk keperluan dakwah di era moderen. Hasil dan kesimpulan dalam pengabdian masayarakat adalah terbentuknya pemahaman Islam secara komprehensif melalui dakwah digital pada masyarakat Saung Jingga Pamulang. Masyarakat mampu menggunakan flatform digital untuk dijadikan sebagai konten dakwah dalam kehidupan sehari-hari dan masyarakat mampu mengakses dakwah melalui digital yang disediakan melalui internet.
Full Text:
PDFReferences
Al-Raghib al-Asfahani. (1997). Mufradāt AlfāÐ al -Qur’ān. (Beirut : Dar al-Syamiyah dan Dimasyq: Dar al-Qalam, 1997).
Baidowi, A., & Salehudin, M. (2021). Strategi dakwah di era new normal. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(1), 58-74.
De Reuver, M., Sørensen, C., & Basole, R. C. (2018). The digital platform: a research agenda. Journal of information technology, 33(2), 124-135.
Fethullah Gullen. (2011). Dakwah; Jalan Terbaik dalam Berpikir dan Menyikapi Hidup, (Jakarta: Republika Penerbit.
Hamdanny, D. R. (2021). Dakwah Transformatif Muhammadiyah dalam Mewujudkan Masyarakat Madani melalui Jihad Konstitusi. Jurnal Dakwah: Media Komunikasi dan Dakwah, 22(1), 45-77.
Handayani, P., & Faizah, I. (2020). Model Gerakan Dakwa Keagamaan Muhammadiyah: Studi Etnografi di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Jurnal Sosiologi Reflektif, 15(1), 103-116.
Husein, A. (2017). Dakwah Kultural Muhammadiyah Terhadap Kaum Awam. Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 1(1), 91-105.
Husein, A. (2017). Dakwah Kultural Muhammadiyah Terhadap Kaum Awam. Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 1(1), 91-105.
Husein, A. (2017). Dakwah Kultural Muhammadiyah Terhadap Kaum Awam. Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 1(1), 91-105..
Kasduri, M., Daulay, M. Y., & Dianto, D. (2021). Peran Da’i Dalam Penguatan Ideologi Dan Kemajuan Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 89-93.
Kim, Y. K., Collins, C. S., Rennick, L. A., & Edens, D. (2017). College experiences and outcomes among international undergraduate students at research universities in the United States: A comparison to their domestic peers. Journal of International Students, 7(2), 395-420.
Kim, Y. K., Edens, D., Iorio, M. F., Curtis, C. J., & Romero, E. (2015). Cognitive skills development among international students at research universities in the United States. Journal of International Students, 5(4), 526-540
M. Chudek, B. Y. Cheung, and S. J. Heine, (2015). US immigrants patterns of acculturation are sensitive to their age, language, and cultural contact but show no evidence of a sensitive window for acculturation, J. Cogn. Cult., vol. 15, no. 1-2, pp. 174-190
M. Quraish Shihab. (2002). Tafsir al-Misbah, Vol. 2, Jakarta: Lentera Hati,
Ma'arif, B. S., & Siddiq, A. A. (2021). Strategi Dakwah Muhammadiyah Jawa Barat Era Pandemi Covid-19. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 21(2), 113-131.
Ma'arif, B. S., & Siddiq, A. A. (2021). Strategi Dakwah Muhammadiyah Jawa Barat Era Pandemi Covid-19. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 21(2), 113-131.
Nihayah, N., & Burhanudin, A. M. (2018). Pemetaan Dakwah Analisis Potensi Dan Problematika Dakwah. ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 9(1), 27-38.
Plantin, J. C., & De Seta, G. (2019). WeChat as infrastructure: The techno-nationalist shaping of Chinese digital platforms. Chinese Journal of Communication, 12(3), 257-273.
Syamsuddin, M. (2018). Gerakan Muhammadiyah dalam Membumikan Wacana Multikulturalisme: Sebuah Landasan Normatif-Institusional. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan, 1(2), 335-370.
Tampubolon, I. (2017). Dakwah Pencerahan Pemikiran dan Aktivitas Dakwah Muhammadiyah Zaman Kekinian. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 1(1).
Tanfidz Muhammadiyah terkait Model Dakwah Pencerahan Berbasis Komunitas (2015)
Ward, C . (2008) . Thinking outside the Berry boxes: New perspectives on identity, acculturation and intercultural relations . International Journal of Intercultural Relations, 32(2), 105-114
Wu, H. P., Garza, E., & Guzman, N. (2015). International student’s challenge and adjustment to college. Education Research International, 2015, 1-9. doi:10.1155/2015/202753
Zain, A., Yusuf, M., & Fuadi, M. (2017). Internalisasi nilai-nilai modernitas dalam gerakan dakwah organisasi Muhammadiyah di Aceh. Al-Idarah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam, 1(1), 17-42.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================