SOSIALISASI EDUKASI PENERAPAN ABSENSI DIGITAL QR CODE SISWA DI MTSN 23 JAKARTA

Muhammad Haykal Andana, Muhamad Daffa, Rafli Erizakly, Anggita Candra Adnaneswari, Putri Vania Iftatunnisa, Rully Mujiastuti

Abstract


Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan sebuah kegiatan berbasis nasional dengan tujuan sebagai wadah para mahasiswa untuk mengembangkan kreativitasnya. Salah satu Skema atau bidang yang ada pada program ini adalah Pengabdian Kepada Masyarakat. Pada program ini mengkaji implementasi teknologi QR Code dalam sistem absensi digital sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi kehadiran siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 23 Jakarta. Dengan latar belakang permasalahan terkait manajemen kehadiran siswa yang kurang efisien, penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menjelaskan sistem absensi berbasis QR Code yang diintegrasikan dengan sebuah website.Metode penelitian yang digunakan mencakup survei dan sosialisasi kepada pihak terkait, diantaranya guru, dan pihak IT. Data yang dikumpulkan digunakan untuk mengidentifikasi tantangan dalam manajemen kehadiran tradisional dan mengukur penerimaan serta efektivitas sistem absensi digital berbasis QR Code yang diusulkan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan QR Code dalam sistem absensi dapat meningkatkan efisiensi dan keakuratan kehadiran siswa. Sosialisasi peran penting dalam memperkenalkan teknologi baru ini kepada semua pihak terkait juga terbukti berhasil dalam mempromosikan adopsi sistem absensi digital. Penelitian ini memiliki implikasi penting dalam konteks pendidikan modern, di mana teknologi berperan sentral dalam meningkatkan efisiensi dan pengelolaan data.


Full Text:

PDF

References


Abdurrab, U. et al. (2020) ‘Quick Response Code untuk Monitoring Kehadiran Kuliah Dosen’, SATIN – Sains dan Teknologi Informasi, 6(1), pp. 54–61. Available at: http://jurnal.sar.ac.id/index.php/satin.

Dedy Irawan, J. and Adriantantri, E. (2018) ‘PEMANFAATAN QR-CODE SEGABAI MEDIA PROMOSI TOKO’, Mnemonic : Jurnal Teknik Informatika, 1(2), pp. 55–61.

integrasolusi (2021) Mengenal Absensi Online dan Mengetahui Perbandingannya dengan Absensi Konvensional. Available at: https://integrasolusi.com/blog/mengenal-absensi-online-dan-mengetahui-perbandingannya-dengan-absensi-konvensional/ (Accessed: 10 February 2023).

Ho Purabaya, R. (2021). Analisis Proses Bisnis Monitoring Unggah Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ke Dirjen Belmawa Kemendikbud dengan Menggunakan Diagram Flowmap di UPN Veteran Jakarta. Informatik Jurnal Ilmu Komputer, 17(1), 48.

Malah, I. et al. (2022) PERANCANGAN SISTEM ABSENSI, TRACKING GURU DAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN, Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Nurul Laily, I. (2022) Pengertian Website Menurut Para Ahli, Beserta Jenis dan Fungsinya Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul ‘Pengertian Website Menurut Para Ahli, Beserta Jenis dan Fungsinya’ , https://katadata.co.id/safrezi/berita/6200a2a9697ec/pengertian-website-menurut-para-ahli-beserta-jenis-dan-fungsinya. Available at: https://katadata.co.id/safrezi/berita/6200a2a9697ec/pengertian-website-menurut-para-ahli-beserta-jenis-dan-fungsinya (Accessed: 10 February 2023).

Simbelmawa, K. (2023). Pedoman-Pelaksanaan-PKM-PM-2023.

Wasito, B. et al. (2020) ‘PEMANFAATAN QUICK RESPONSE CODE UNTUK PENCARIAN INFORMASI PRODUK BERBASIS MOBILE’, Jurnal Informatika dan Bisnis, 9(2), pp. 1–8.Daftar pustaka diutamakan merupakan artikel yang diambil dari jurnal / publikasi terbaru paling lama 5 tahun sebelum pengiriman artikel (paper submission).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ