Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa FAI UMJ Melalui Pelatihan Membuat Perangkat Pembelajaran PAI Pada KMA Nomor 183 Tahun 2019

Authors

  • Siti Rohmah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Diah Mutiara Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rony Edward Utama Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Oneng Nurul Bariyah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Khasnah Syaidah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sudirman Tamim Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Lalita Shafa Anjani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nur Zakiyah Ahmad Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Fazlurrahman Al-Muthi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Faran Widiyansah Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa FAI UMJ melalui pelatihan membuat perangkat pembelajaran PAI pada KMA nomor 183 Tahun 2019. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan pendekatan pendidikan orang dewasa (Andragogi), dengan langkah-langkah sebagai berikut: Pertama, studi awal atau analisis kebutuhan. Kedua, sosialisasi dan pendataan peserta. Ketiga, pelatihan membuat perangkat pembelajaran PAI. Keempat, Evaluasi. Kelima, Pelaporan. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu adanya peningkatan kompetensi mahasiswa PAI sebagai calon guru dalam membuat perangkat pembelajaran PAI pada KMA nomor 183 tahun 2019.

References

Departemen Agama RI. (2019). Alqur’an dan Terjemahannya.

Siti Rohmah dkk. (2023). Ayat-ayat dan Hadis Pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

KMA Nomor 183. (2019). Kurikulum PAI dan Bahasa Arab di Madrasah.

Siti Rohmah dkk. (2021). Analisis Hadis Pendidikan Dalam KMA nomor 183 tahun 2019 Mata Pelajaran Alqur’an Hadis Madrasah Aliyah. Jurnal Emanasi: Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial. Vol.4 No.2. https://adpiks.or.id/ojs/index.php/emanasi/article/view/48

Siti Rohmah, Diah M, Oneng NB. (2022). Analisis Ayat Tarbawi KMA Nomor 183 Tahun 2019 Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah. Jurnal Alasma. Vol. 04 No. 02. https://jurnalstitmaa.org/alasma/article/view/94

Siti Rohmah. (2018). Kompetensi Guru Agama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Misykat al-Anwar: Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat. Vol 1 No.1. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/MaA16/article/view/3849

Siti Rohmah dkk. (2022). Meningkatkan minat baca siswa melalui program gerakan literasi sekolah di Sekolah Dasar Ukhuwwatul Islamiyyah Jakarta Barat. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. E-ISSN: 2714-6286 https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/14333

Noor Miyati. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam guna menumbuhkan perilaku bertanggung jawab siswa di SMP Negeri Kota Banjarmasin. Jurnal Transformatif (Islamic Studies). Vol. 3 No. 2. http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/TF

Mokh. Imron Rosyadi. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran PAI Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. QUALITY. Volume 7, Nomor 2.

Permendikbud No.22. (2016). Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Downloads

Published

2023-10-26