Peran Lingkungan di Luar Sekolah Untuk Meningkatkan Karakter Displin Anak

Laily Nurmalia, Susilahati Susilahati, Fajar Adi Prakoso, Ahmad Noval, Mutiara Ellisyah

Abstract


Perilaku yang mempengaruhi perkembangan karakter anak adalah lingkungan. Faktor lingkungan memegang peran yang sangat penting di semua kegiatan pembelajaran. Karena kepribadian, sifat, dan karakter seseorang dapat dibentuk oleh lingkungan. Lingkungan memberikan gaya dan warnanya pada perkembangan manusia. Oleh karena itu, mengingat pendidikan adalah tugas setiap manusia. Itulah mengapa perlu untuk menerima dukungan dari tiga lingkungan yang bertanggung jawab untuk mengatur kegiatan ini. Lingkungan ini berupa lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Subjek Penelitian ini adalah sebanyak 48 warga 07 Cilandak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peran masyarakat dan orangtua lingkungan diluar sekolah terhadap karakter disiplin anak. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah peran warga sangat penting dalam meningkatkan karakter disiplin anak. Peneliti memberikan sosialisasi kepada warga RT 07 dalam memberikan informasi dan motivasi kepada orang tua selaku pendidik di lingkungan keluarga dan juga sebagai masyarakat bahwa secara tidak langsung telah memberikan pendidikan karakter melalui pembisaan yang baik sehari-hari seperti karakter disiplin anak dalam keseharian mereka dan dalam tanggapan/respon masyarakat terhadap kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah masyarakat memandang perlu mengenalkan pendidikan karakter terutama karakter disiplin dimulai dari pembiasaan di lingkungan sehari-hari agar dapat memperbaiki moral anak didik.


Full Text:

PDF

References


Dakhi, A. S. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Jakarta: Yrama Widya.

Ginanjar, M. H. (2013). Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 376-396.

Jannah, Nur; Umam, K. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. 12, 95–115.

Leo, A. (2011). Character Education Integration in Social Studies Learning. International Journal of History Education, XII(2), 392.

Poondej, C., & Lerdpornkulrat, T. (2016). Relationship Between Motivational Goal Orientations, Perceptions of General Education Classroom Learning Environment, and Deep Aproaches to Learning. Kasetsart Journal Of Social Sciences, 37(2), 100-103.

Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran Orangtua dalam Pembentukan Karakter Anak di Masa Pendemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. 11(2), 191–207. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7806.

Rochmawati, Nikmah. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur pada Anak. Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam: Al-Fikri. Vol 1 (2). 1-12.

Santika, Tika. (2018). Peran Keluarga, Guru, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Unsika: Judika. 6(2). 77-85

Simanjuntak, M. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial.

Tabi'in, A. (2017). Pengelolaan Pendidikan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Studi Kasus di Al- Muna Islamic Preschool Semarang. AWLADY. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).

Wahyuni, Ida Windi dan Ary Antony Putra. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam: Al-Thariqah. Vol 5 (1). 30-37

Wahyuni, & Husna, N. (2020). Pengaruh Lingkungan Terhadap Minat dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 12 Banda Aceh). Pena Edukasi, 7(2), 2.

Wardiani, I., & Suryatman. (2018). Peran Lingkungan Keluarga Dan Masyarakat Dalam Membentuk Kepribadian Dan Perilaku Sosial Anak Usia SMP Di Wilayah Pesisir Mundu Kabupaten Cirebon. Edueksos, 7(2), 138.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ