Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa di Desa Bojong Kulur Bogor

Zulfitria Zulfitria, Sodikin Sodikin, Aswir Aswir, Suharsiwi Suharsiwi, Nurrohmantul Amaliyah, Zainal Arif, Mutiara Fauzi

Abstract


Dilatarbelakangi oleh pembelajaran bahasa asing adalah pilihan yang sangat tepat untuk mengembangkan keahlian anak dalam berkomunikasi dalam usia golden age dimana kecerdasan otaknya sangat optimal untuk dikembangkan. Diharapkan dengan pembelajaran Bahasa Inggris yang dimulai pada anak usia  dini akan lebih mempercepat anak untuk menguasai Bahasa Inggris. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan pembelajaran Bahasa Inggris untuk mengembangkan kepercayaan diri siswa Sekolah Dasar di Desa Bojong Kulur Bogor. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dimulai dengan penelitian pendahuluan, persiapan penelitian, pelaksanaan penelitian, penggujian dan analisis data dan validasi dengan trianggulasi. Kegiatan pegabdian masyarakat ini berupa pelatihan kepada para siswa Sekolah Dasar yang dilaksanakan pada 9 September 2023 di Bimbel HIAMA Desa Bojong Kulur-Bogor. Metode yang dilakukan dalam bentuk pelatihan berupa ceramah, diskusi dan tanya jawab.  Hasil kegiatan pelatihan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pelatihan dalam pembelajaran Bahasa Inggris sangat bermanfaat bagi  siswa Sekolah Dasar untuk mengembangkan kepercayaan diri di Desa Bojong Kulur Bogor.


Full Text:

PDF

References


Centi. J.P. (2003) Mengapa Rendah Diri . Yogyakarta: Kanisius.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RepublikIndonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdagri.

Fatimah, E. (2006) Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Hakim, Thursan. (2002) Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Iswidharmanjaya dan Agung. (2005). Satu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Kustanti, D., & Prihmayadi, Y. (2002). Problema Budaya Berbicara Bahasa Inggris.

Noge, M. D., Wau, M. P., & Lado, R. R. R. (2020). Pelaksanaa Program Bimbingan Belajar Bahasa Inggris “English Is Fun” Sebagai Cara Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak-Anak Dalam Menguasai Bahasa Inggris di SD. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1(2), 120–127. https://doi.org/10.38048/jailcb.v1i2.113

Rakhmat. (2009) Retorika Modern (Pendekatan Praktis), Bandung: Remaja Rosdakarya.

Shin, Joan Kang. (2006). Ten Helpful Ideas for Teaching English to Young Learners. English Teaching Forum, Volume 44, Number 2: 2—7.

Surya, Mohamad. 2003. Percikan Perjuangan Gum. Sernarang: Anekallmu

Trio, Dwi Candor. (2010) Ilmu Retorika Untuk Mengguncangkan Dunia, Yogyakarta: Irtikaz.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ