Pelatihan Pembuatan Flyer Berbasis Canva dan Pemanfaatan Twibbon Sebagai Media Pembelajaran dan Promosi

Nurvelly Rosanti, Retnani Latifah, Yana Adharani, Popy Meilina, Nurul Amri, Alvika Meta Sari

Abstract


Banyak sektor kehidupan yang terdampak karena pandemi dan menyebabkan masyarakat harus kreatif. Salah satu kreativitas yang dibutuhkan adalah dalam melakukan promosi. Penggunaan teknologi digital dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan kreatifitasnya, namun seringkali mereka tidak mengetahui bagaimana cara memanfaatkan teknologi digital tersebut. Salah satu teknologi yang dapat digunakan adalah melakukan perancangan media promosi menggunakan aplikasi Canva. Pada pengabdian masyarakat ini dilakukan pelatihan penggunaan Canva di HP android untuk pembuatan flyer dan twibbon sebagai media promosi. Target dari kegiatan ini adalah para guru TK dan PAUD, namun masyarakat umum juga diperbolehkan untuk mengikuti. Dari hasil evaluasi diketahui bahwa peserta merasa puas dengan adanya kegiatan, meskipun beberapa peserta sedikit kesulitan dalam mengikuti tutorial yang dilakukan.


Full Text:

PDF

References


Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., & Susilowaty, R. A. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN MATERI PRESENTASI DAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA KEPADA GURU DI KOTA MEDAN DAN JAYAPURA SECARA ONLINE. Jurnal Ilmiah Pro Guru.

Chairunnisa, K., & Sundi, V. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva dalam pembuatan poster pada siwa kelas x sman 8 tangsel. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SEMNASKAT) UMJ 2021. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Latifah, R., Adharani, Y., Meilina, P., & Rosanti, P. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Menunjang Kegiatan Pendidikan di PAUD Arambi . Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SENABDIKOM 2021. Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Putri, N., & Utami, N. (2020). Pelatihan Pembuatan Buku Cerita Digital Sederhana Sebagai Bahan Ajar dalam Kondisi New Normal. Jurnal Karya Abdi Masyarakat .

Santi, I. N., Mubaraq, R., Farid, F., & Sriwanti, S. (2020). PELATIHAN MEMBUAT LOGO USAHA MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA BAGI MAHASISWA WIRAUSAHA. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Tadulako.

Sari, V. k., & Rusdiana, R. Y. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.

Usman, U., Sakaria, S., & Hasriani, H. (2021). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Digital Dengan Platform Canva Pada Dosen Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Makassar. SEMINAR NASIONAL 2021 HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT. Makassar: Universitas Negeri Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ