Pendampingan Cerdas Berbahasa Indonesia di Media Sosial untuk Siswa SMP

Aida Sumardi, Ratna Dewi Kartikasari, Izzatusholekha Izzatusholekha, Annisa Safitri, Maesya Sidiqoh, Sherly Descaderia

Abstract


Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di media sosial saat ini sangat jarang diperhatikan. Menjamurnya istilah-istilah kekinian lebih sering digunakan bagi para pengguna media sosial khususnya para remaja. Hal tersebut sangat berdampak dengan cara berkomunikasi di kehidupan bermasyarakat karena bahasa yang terbawa dari media sosial. Penggunaan bahasa pada sosial media dikalangan remaja SMP menjadi topik utama dalam kajian ini. Tim KKN kami telah mengkaji permasalahan Berbahasa Indonesia di Media sosial yang selanjutnya kami berikan penyelesesaian melalui pendampingan. Pendampingan ini kami tujukan pada siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama 21 Tangerang Selatan, yang dilakukan pada 15 Agustus 2023. Diikuti oleh 30 siswa-siswi perwakilan kelas dengan antusias para partisipan yang tinggi. Pada kegiatan pendampingan juga diberikan angket yang diisi oleh siswa. Dari hasil angket tersebut, 99,55% siswa sudah paham mengenai pentingnya penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penggunaan media sosial. Pendampingan yang telah dilakukan membawa kesadaran bagi para siswa untuk terus menunjukkan identitas mereka sebagai Warga Negara Indonesia dengan menggunakan Bahasa Indonesia dalam berkomunikasi di Media Sosial di kesehariannya.


Full Text:

PDF

References


Arsanti, M., & Setiana, L. N. (2020). Pudarnya Pesona Bahasa Indonesia di Media Sosial (Sebuah Kajian Sosiolinguistik Penggunaan Bahasa Indonesia). Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(1), 1-12.

Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal tarbiyah, 24(2).

Mubarok, Y., Nur, A. M., Risnawati, E., & Washadi, W. (2019). Sosialisasi Kesantunan Berbahasa Dalam Penggunaan Sosial Media Di Kalangan Siswa Smp Negeri 8 Tangerang Selatan. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 86-97.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ