Metode Demonstrasi dan Praktek Uji Daya Hantar Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Guna Meningkatkan Minat Belajar Kimia Pada Siswa-siswi MtsN 42 Jakarta
Abstract
Perkembangan ilmu kimia memiliki peran dalam peradaban manusia, terutama bidang industri, kesehatan, makanan, pertanian, pertambangan, dan lainnya. Namun demikian ilmu kimia cenderung kurang disenangi siswa. Sering menjadi alasan mengapa ilmu kimia kurang disenangi siswa dan sulit dipahami adalah karena ilmu kimia bersifat abstrak. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah (1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta meningkatkan minat mitra khususnya guru-guru dan siswa dalam pembelajaran kimia; (2) menerapkan metode yang tepat untuk pembelajaran kimia; dan (3) memberikan wawasan kepada guru dan siswa. Dalam rangka mencapai tujuan pengabdian masyarakat ini, maka metode yang dipilih antara lain melalui pelatihan dan bimbingan teknis yang didalamnya terdapat kegiatan pemaparan materi dan demonstrasi dari materi pembelajaran kimia yakni mengenal macam-macam larutan elektrolit dalam kehidupan sehari-hari. Terkait dengan konsep-konsep yang menjadi topik adalah: Pengenalan larutan elektrolit dan non elektrolit, contoh-contoh larutan elektrolit dan non elektrolit, serta penjelasan mengapa larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik, disertai demonstrasi. Oleh karena itu hal yang dikaji adalah bagaimana perubahan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep yang terkait topik setelah pembelajaran. Hasil yang diperoleh berupa meningkatknya pemahaman siswa berdasarkan hasil pengisian lembar evaluasi materi pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Arifin. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.Bandung:Alfabeta.
Hidayah, H., Iriyadi, D., & Gufron, I. A. (2022). Relasi Sains Dan Agama dalam Perpspektif Ian Graeme Barbour. Aqlania Jurnal Filsafat Dan Teologi Islam, 13(1), 17–36. https://doi.org/10.32678/aqlania.v13i1.5967
Lubis, M., & Widiawati, N. (2020). Integrasi Domain Afektif Taksonomi Bloom dengan Pendidikan Spiritual Al-Ghazali (Telaah Kitab Ayyuhal Walad). Journal Educative : Journal of Educational Studies, 5(1), 41. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.3228
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mutiah, M., Savalas, L. R. T., & Purwoko, A. A. (2022). Demonstrasi Kimia yang Dimodifikasi untuk Membentuk Model Mental Mahasiswa Pada Konsep Redoks dan Sel Elektrokimia. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 941–948. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.573
Muti’ah, M., Siahaan, J., & Sukib, S. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Ilmu Kimia Melalui Demonstrasi Kimia Bagi Siswa SMA N 1 Labuapi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.704
Putri, S. A. (2022). Hubungan Antara Religiusitas Nilai Nilai Islam dengan Kimia Dalam Materi Elektrokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 01 (01), 12-21.
Sabarni, S. (2019). Struktur atom berdasarkan ilmu dan perspektif Al-Quran. Lantanida Journal, 7(1), 87-100.https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4647
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================