KEGIATAN PARENTING DALAM MENSOSIALISASIKAN PENDIDIKAN ANTI KEKERSAN SEKSUAL BAGI GURU SDIT BINA CENDEKIA CURUG DEPOK JAWA BARAT

Rika Sa’diyah, Kurniawan Kurniawan, Nurfadhilah Nurfadhilah, Siti Shofiyah, Imam Irawan, Ilmi Zajuli Ichsan

Abstract


Saat ini kasus kekerasan seksual pada anak marak terjadi di berbagai tempat. Dua pertiga terjadi dalam lingkungan keluarga atau sekelilingnya dan 75% korbannya adalah anak-anak perempuan. Hal ini akan berdampak pada kondisi psikis dan fisik anak hingga dewasa kelak. Lemahnya sanksi hukum bagi pelaku kejahatan seksual dan pengawasan orang tua menjadi salah satu faktor penyebabnya. Depok merupakan salah satu tempat terjadinya beberapa kasus pelecehan seksual pada anak yang berada di Tangerang Selatan. Kondisi masyarakat yang acuh terhadap lingkungan sekitar dan minimnya pengetahuan orang tua tentang pendidikan seks pada anak usia dini menjadi alasan untuk dilakukannya kegiatan parenting sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini, beberapa upaya penanggulangan seperti pemutaran video dokumenter tentang bahaya kejahatan seksual pada anak, penyuluhan antikejahatan seks, pengetahuan tentang deteksi dini pedofil, termasuk peningkatan fungsi keluarga dan pembinaan terhadap orang tua dalam tumbuh kembang anak serta cara menjalin kedekatan emosi dan komunikasi dengan anak akan menjadi bahan perlakuan yang diberikan pada orang tua dalam kegiatan parenting. Metode pelaksanaan pendidikan antikekerasan seksual berupa penyuluhan dan pelatihan yang bertumpu pada prinsip-prinsip bahwa pemberdayaan adalah proses kolaboratif sehingga dalam pelaksanaanya harus melibatkan masyarakat sebagai partner. Oleh karena itu, masyarakat harus berperan aktif dalam kegiatan tersebut. Tingkat kesadaran masyarakat juga merupakan kunci keberhasilan pemberdayaan karena pengetahuan dapat memobilisasi tindakan bagi suatu perubahan yang diharapkant.


Full Text:

PDF

References


Lew, Mike. (2004). Victims No Longer (Second Edition): The Classic Guide for Men Recovering from Sexual Child Abuse. Perennial Currents.

Cynthia Crosson-Tower. (2008). Understanding child abuse and neglect. Boston: Pearson/Allyn & Bacon.

Asa, Don Brown. (2009). Posttraumatic stress disorder in childhood. New Orleans: Family and Marriage Counseling, FMC.

Lascaratos, J; Ascaratos J; Poulakou-Rebelakou. (2000). Child Sexual abuse: Historical cases in the Byzantine Empire.

Durkin, KF; Clifton DB. (1999). Propagandizing Pederasty:a Thematic Analysis of the on-line Exculpatory Accounts of Unrepentant Pedophiles". Deviant Behavior 20 (2): 103–127.

Zimring, Franklin E. (2009). An American Travesty: Legal Responses to Adolescent Sexual Offending. University of Chicago Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ