PENYULUHAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG PADA IBU HAMIL DI RW 08 KARANG ANYAR KECAMATAN SAWAH BESAR, JAKARTA PUSAT

Lenny Dwi Novitasari, Masti Putri, Putri Lestari Fitriana, Idriani Idriani

Abstract


Dalam masa kehamilan sering terjadi berbagai kendala yang dialami oleh ibu hamil, seperti asupan gizi yang harus diperhatikan agar janin berkembang dengan sehat dan lahir dengan berat badan yang seimbang. Karena asupan gizi sering dianggap tidak penting pada ibu hamil dan tidak diperhatikan apa saja yang dilarang atau disarankan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Sehingga dengan Tim KKN kami berinisiatif untuk menyelenggarakan penyuluhan kesehatan terkait pengetahuan gizi seimbang pada ibu hamil di RW 08 Karang Anyar, kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Masyarakat yang notabene nya kurang wawasan tentang gizi seimbang dapat menambah pengetahuan. Kegiatan berlangsung pada 18 Agustus 2023 dimulai dari pembukaan, sambutan, penyuluhan materi gizi seimbang, video visual tentang gizi seimbang, pembagian leaflet dan pembagian souvenir. Diikuti oleh 10 peserta ibu hamil yang sangat antusias dengan kegiatan ini.


Full Text:

PDF

References


Lestari, D., Sulistiawati, F., & Naelasari, D. N. (2021). Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Serta Gizi Seimbang Pada Ibu Hamil Untuk Meningkatkan Imunitas Pada Masa Pandemi Covid-19. Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 20-28.

Pratiwi, I. G. (2020). Edukasi Tentang Gizi Seimbang Untuk Ibu Hamil Dalam Pencegahan Dini Stunting. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo, 1(2), 62-69.

Novianti, R. (2012). Teknik Observasi bagi pendidikan anak usia dini. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 1(1), 22-29.

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif: wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35-40.

Nurvembrianti, I., Purnamasari, I., & Sundari, A. (2021). Pendampingan ibu hamil dalam upaya peningkatan status gizi. Jurnal Inovasi & Terapan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 50-55.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ