SOSIALISASI NILAI NASIONALISME PADA PESERTA DIDIK MTS ASSA'ADAH SASAK PANJANG
Abstract
Sosialisasi nilai nasionalisme pada peserta didik MTs Assa'adah Sasak Panjang memiliki tujuan penting untuk membangun kesadaran dan rasa cinta terhadap tanah air serta memperkuat identitas kebangsaan di kalangan generasi muda. Analisis situasi permasalahan mitra menunjukkan kurangnya pemahaman dan pengenalan peserta didik terhadap nilai-nilai nasionalisme, yang berpotensi menghambat pengembangan karakter bangsa yang kuat. Metode pelaksanaan yang diterapkan meliputi kuliah interaktif, diskusi kelompok, presentasi visual, dan kegiatan partisipatif lainnya guna memberikan pemahaman mendalam tentang sejarah, budaya, dan peran penting Indonesia dalam konteks global. Dalam upaya mengatasi permasalahan ini, gambaran iptek yang disampaikan kepada mitra mencakup pemaparan konten pendidikan tentang perjuangan bangsa, tokoh nasional, serta simbol-simbol kebangsaan. Hasil pengabdian kepada masyarakat terlihat dalam peningkatan pemahaman peserta didik terhadap pentingnya menghormati keberagaman, menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan, serta kesiapan mereka dalam berkontribusi bagi kemajuan Indonesia. Secara keseluruhan, sosialisasi nilai nasionalisme ini memberikan pemahaman mendalam kepada peserta didik tentang identitas dan peran mereka dalam membangun bangsa, dengan harapan dapat membentuk generasi yang mencintai dan berkomitmen pada keberlanjutan Indonesia sebagai negara yang bersatu, berdaulat, dan berbudaya.
Full Text:
PDFReferences
Anisa, C., & Rahmatullah, R. (2020). Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Perspektif Pendidikan Islam. Journal EVALUASI, 4(1), 70. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.356
An Nisaa’an Najm Al Inu & Dinie Anggraeni Dewi. (2021). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dan Di Masyarakat. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 259–267. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1383
Arfadila, & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Nasionalisme Kebangsaan Pada Siswa Sd Muhammadiyah Muntok Bangka Barat. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 72–79.
Elisa Dwi Juliyati. (2021). Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Penanaman Nilai Karakter Nasionalisme. Osf Preprints, 148, 148–162.
Handitya, B. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Moral Bangsa Di Era Disrupsi. Prosiding Seminar Nasional Jurusan Politik Dan Kewarganegaraan, 2(1), 41–52.
I Wayan Cong Sujana. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.
Kemendikbud. (2017). Peta Jalan Generasi Emas Indonesia 2045. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–30.
Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Idarah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 99–112.
Muchlis, M., & Rodja Abdul Natsir, K. (2020). Penanaman Nilai Nasionalisme pada Upacara Bendera. Jurnal Jupekn, 1–5.
Moesa, Ali Maschan, (2007). Nasionalisme Kiai : Konstruksi Sosial Berbasis Agama. Yogyakarta : LKIS Printing Cemerlang.
Sodik, F. (2020). Pendidikan Toleransi Dan Relevansinya Dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia. Tsamratul Fikri, 14(1), 1–14.
Sri Uji Lestari, Ufi Saraswati, A. M. (2018). Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Sukorejo Kelas XI di SMA Negeri 1 Sukorejo. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 205–215. https://doi.org/10.21831/istoria.v13i2.17736
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================