PENGABDIAN MASYARAKAT PADA KKN DI BAZNAS MICROFINANCE DESA BOJONGRANGKAS, KECAMATAN CIAMPEA, KABUPATEN BOGOR JAWA BARAT

Syahril Ramadhan, Fitri Rahma Kamila, Tri Yuni Hendrawati

Abstract


Penyelesaian permasalahan kemiskinan menjadi hal yang mutlak untuk terus diupayakan oleh seluruh pihak agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terbatasnya fasilitas permodalan yang notabene belum mampu menyentuh masyarakat miskin serta rumitnya persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan modal dan kredit dari lembaga keuangan (misalnya Bank) turut memicu sulitnya gerak permodalan bagi mereka yang ingin berwirausaha. Salah satu program pendayagunaan zakat produktif untuk mengatasi masalah kemiskinan adalah BAZNAS Microfinance Desa (BMD). BAZNAS Microfinance Desa atau kerap disebut sebagai BMD merupakan layanan keuangan mikro yang memberi akses permodalan, pendampingan, dan fasilitasi usaha. Program BAZNAS Microfinance Desa berperan sebagai lembaga bantuan pembiayaan produktif bagi pelaku usaha kecil dengan prinsip not for profit (bukan untuk mencari keuntungan) dalam rangka pengembangan usaha melakukan implementasi pembiayaan dengan mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan sebelumnya. Hadirnya BMD ini diharapkan mampu menjadi mitra strategis bagi pengusaha kecil yang ingin berwirausaha tetapi terkendala masalah permodalan. Selain memberikan bantuan dalam bentuk permodalan BMD juga memberikan pelatihan serta pendampingan agar modal yang diberikan dapat dipergunakan secara efektif, sehingga keinginan BAZNAS RI untuk mencetak muzaki-muzaki dari mustahik bisa terwujud.


Full Text:

PDF

References


Kasmir, Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2002.

Aliyyah, Rusi Rusmiati, dkk.” Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan”. Dalam Jurnal JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), Vol 5, No. 2 (April 2021)

Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Semarang, “Mekanisme Penyaluran Dana Qardhul Hasan”. Dalam Website kabsemarang.baznas.org

Humas BANZAS RI, “BAZNAS”. Dalam Website Baznas.go.id

Nazah, Risma Khoirun dan Amri, Muhtadin. “Studi Analisis Peran Baznas Microfinance Desa (BMD) Yogyakarta Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Mustahik Berdasarkan Model Cibest”. Dalam Jurnal JOIPAD: Journal of Islamic Philantrhropy and Disaste, Vol 2, No. 2 (2022)

Nurfiyani, Eka, dkk, “Implementasi Baznas Microfinance Desa Dalam Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Mustahiq” Dalam Jurnal Syariati: Jurnal Studi Alqur’an dan Hukum, Vol VII No. 1 (2021)

Novida, Ilma, dkk. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Berhubungan Dengan Rentenir”. Dalam Jurnal Aghniya Jurnal Ekonomi Islam, Vol 2, No.2 (2020)

Sukirno, Firla Setyo, “Pergeseran Gaya Hidup Masyarakat Sub Urban Area Di Kota Mojokerto”. Dalam Jurnal ejournal.unesa.ac.id, Vol 5, No. 1 (2017)

https://id.wikipedia.org/wiki/Ciampea,_Bogor


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ