PENINGKATAN MUTU KEPERAWATAN BERFOKUS KEBUTUHAN DAN KESELAMATAN PASIEN DI UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA CEMPAKA PUTIH

Authors

  • Rizki Winda Aprillia Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Imam Dawami Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ahmad Habib Abdurrohman Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Eni Widiastuti Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Tingginya persaingan antar rumah sakit di wilayah Jakarta Pusat menimbulkan kewajiban bagi rumah sakit untuk meningkatkan pelayanan keperawatan agar dapat bersaing dan tetap dapat menjadi pilihan masyarakat. Program pengabdian kepada masyarakat pelatihan asuhan keperawatan berfokus kebutuhan dan keselamatan di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih merupakan salah satu upaya peningkatan mutu pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih, Pelatihan asuhan keperawatan berfokus pada kebutuhan dasar dan keselamatan pasien berdasar pada teori caring Swanson, teori keselamatan pasien (patient safety), dan model ROUNDS kontrol rutin perawat. Dengan harapan pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan para perawat terkait dengan asuhan keperawatan berfokus pada kebutuhan dasar dan keselamatan pasien serta dapat mengaplikasikan nya dalam memberikan pelayanan keperawatan, sehingga kepuasan pasien dapat tercapai.

References

Oh, J., Cho, H., Kim, Y. Y., Park, H. J., & Kim, H. K. (2015). An Integrative Review on Development of "Quality Of care Through the patients' Eyes" (QUOTE) Instruments. Journal of nursing care quality, 30 (4), E26–E31. https://doi.org/10.1097/NCQ.0000000000000127

Rachmadi, Muhammad, and Muslim. (2015). "Manajemen Pelayanan Publik Dalam Perspektif Islam (Studi Di Rumah Sakit Ibnu Sina Kota Pekanbaru)." Juris, vol. 14, no. 2, 2015, pp. 151-167, doi:10.31958/juris.v14i2.304.

Stein, S. M., Day, M., Karia, R., Hutzler, L., & Bosco, J. A., 3rd (2015). Patients' perceptions of care are associated with quality of hospital care: a survey of 4605 hospitals. American journal of medical quality : the official journal of the American College of Medical Quality, 30(4), 382–388. https://doi.org/10.1177/1062860614530773

Shin, N., & Park, J. (2018). The Effect of Intentional Nursing Rounds Based on the Care Model on Patients' Perceived Nursing Quality and their Satisfaction with Nursing Services. Asian nursing research, 12(3), 203–208. https://doi.org/10.1016/j.anr.2018.08.003

Stimpfel, A. W., Sloane, D. M., McHugh, M. D., & Aiken, L. H. (2016). Hospitals Known for Nursing Excellence Associated with Better Hospital Experience for Patients. Health services research, 51(3), 1120–1134. https://doi.org/10.1111/1475-6773.12357

Utama, Y., Malini, H. and Priscilla, V. (2019) ‘The Patient Satisfaction to Nursing Round Implementation “Matrons Round” in A Hospital, Palembang’, in. doi: https://10.4108/eai.13-11-2018.2283699

RSIJCP. Sejarah Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih, https://www.rsi.co.id/tentang-kami/sejarah

Downloads

Published

2023-10-26