PENYULUHAN PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK

Muhammad Aditia Pratama, Fathiyyah Mutmainnah, Sulistiyani Febrianti, Nurlaelah Nurlaelah

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pencegahan yang dilakukan agar seorang anak tidak terjadi kekerasan seksual. Selain itu mengetahui salah satu penyebab seorang anak bisa menjadi korban akibat dari kekerasan seksual, yaitu Grooming. Grooming merupakan tindakan manipulatif yang dilakukan oleh seseorang dengan niat untuk membangun hubungan emosional dan kepercayaan dengan seseorang. Tindakan ini terutama dilakukan oleh orang dewasa kepada anak-anak, remaja, dan lainnya dengan tujuan untuk melakukan pelecehan seksual, kekerasan seksual, bahkan eksploitasi seksual. TIM KKN kami berinisiatif untuk menyelenggarakan penyuluhan bertema Kekerasan Seksual Terhadap Anak yang berjudul “Penyuluhan Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Anak” di TK Aisyiyah Bustanul Athfal PCA Senen. Lokasi ini dipilih selain sebagai tempat KKN. Alasan lainnya adalah terdapat anak-anak yang membutuhkan edukasi bagaimana pentingnya menjaga diri dari perbuatan yang akan menjurus kepada kekerasan seksual. Dengan di damping oleh orang tua, tentunya penyuluhan ini di buat sebetulnya untuk wali murid agar nantinya dapat menyalurkan hasilnya kepada anak-anaknya. Kegiatan berlangsung pada 7 Agutus 2023. Dimulai dari pembukaan, penyuluhan yang meliputi dampak, dan lainnya, serta terakhir adalah penutup.


Full Text:

PDF

References


Solehati, T., Arisandi, T., Nugraha, R., Hartini, N., Muliahati, R. T. R., Hermayanti, Y., ... & Mediani, H. S. (2022). Kebutuhan Informasi Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak bagi Orang Tua di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5970-5981.

Solehati, T., Septiani, R. F., Muliani, R., Nurhasanah, S. A., Afriani, S. N., Nuraini, S., ... & Mediani, H. S. (2022). Intervensi Bagi Orang Tua dalam Mencegah Kekerasan Seksual Anak di Indonesia: Scoping Review. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2201-2214.

Yoni Ardianto “Behind every quantity there must lie a quality” Gertrude Jaeger Selznick, Ph.D. pada Sofaer (1999).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ