KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DENGAN TEMA “CINTA NEGERIKU” DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PCA SENEN

Annisya Zahra Lindra, Delia Cahya Wijaya, Panca Ubaidillah Hadi, Muamar Kadarfi, Nurlaelah Nurlaelah

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu aspek dalam kehidupan yang harus di perhatikan. Hingga sekarang, di Indonesia pendidikan masih terus menjadi suatu masalah yang banyak terjadi. salah satu kegiatan yang dilakukan tentunya adanya kegiatan pembelajaran yang di terima bagi anak didik. Dengan latar belakang di TK Aisyiyah Bustanul Athfal PCA Senen yang menjadi salah satu ranah kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UMJ . Kegiatan belajar mengajar dengan tema “ Cinta Negeriku” menjadi salah satu pembelajaran yang dapat diberikan yang bertujuan untuk menghidupkan serta menumbuhkan rasa cinta tanah air sejak dini kepada anak-anak. Tema ini diambil karena, melihat perkembangan zaman sekarang yang sering membuat anak-anak lengah dan kurang belajar terkait bangsa mereka sendiri akibat adanya pengaruh budaya luar yang terus berkembang. Kegiatan belajar mengajar ini dilakukan dengan cara yang menyenangkan, kreatif dan mudah di mengerti oleh anak-anak. Pembelajaran yang dilakukan berdasarkan metode pelaksanaanya dengan berupa mengenalkan lagu kebangsaan, lambang negara, landasan negara, hingga bendera kebangsaan Indonesia. Dengan mengusung tema “Cinta Negeriku” anak-anak dapat menunjukan peningkatan pemahaman tentang pentingnya cinta tanah air dan nilai-nilai nasionalisme.


Full Text:

PDF

References


Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, S., Kunci, K., Minat Belajar, R., & Hewan,

P. (2019). ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP CARA MENGAJAR GURU UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN DI KELAS V SD NEGERI PANTE CERMIN Musdiani1 ). Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 60.

Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). Jurnal at-Taqaddum, Volume 8, Nomor 1,, 1-26.

Ikhsanto, jurusan teknik mesin L. N. (2020).

Pujaastawa, I. B. (2016). Teknik Wawancara dan Observasi untuk Pengumpulan Bahan Informasi. Pusat Penelitian Kebudayaan dan Kepariwisataan, 1-11.

Syardiansah, Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra Aceh KKN Tahun 2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ