PENYULUHAN PENYAKIT OSTEOPOROSIS RW 08 KARANG ANYAR SAWAH BESAR JAKARTA PUSAT

RA. Rizka Kartika Ayu, Duta Andi Winata, Irwan Maulana, Erwan Setiyono

Abstract


Kejadian osteoporosis pada lansia dapat dicegah melalui perilaku hidup sehat. Perilaku hidup sehat didukung oleh pengetahuan. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan lansia adalah melalui penyuluhan kesehatan audio-visual.  Kelebihan pendidikan kesehatan audio visual adalah membuat cara berkomunikasi menjadi efektif, terjangkau, dan materi menarik perhatian serta mudah untuk dipahami. Hal ini akan lebih memudahkan pemberian informasi kepeda lansia mengingat lansia mengalami penurun pada kognitif, penglihatan dan pendengaran.  Di Desa Karangbendo selama ini belum pernah dilakukan penyuluhan kepada lansia dengan topik osteoporosis. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan secara ilmiah peningkatan pengetahuan lansia mengenai osteoporosis melalui pemberian pendidikan kesehatan dengan media audio visul di desa karangbendo bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan rancangan one group pre and posttest. Total sampling dengan 42 lansia.  Analisa data menggunakan paired sample t-test.  Membandingkan pengetahuan lansia menggunakan kuesioner sebelum dan sesudah diberikan satu kali pendidikan kesehatan audiovisual.  Hasil Penelitian menunjukkan rerata pengetahuan sebelum diberikan pendidikan kesehatan sebesar 65.60 dan sesudah diberikan pendidikan menjadi 74.17 dengan nilai signifikasi 0.001 (P<0.05).


Full Text:

PDF

References


Triandini E, Jayanatha S, Indrawan A, Werla Putra G, Iswara B. Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Densitas Mineral Tulang (Dmt) Pada Kelompok Dewasa Awal (19-25 Tahun) (Studi Di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro). J Kesehat Masy. 2017;5(4):424–30Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indones J Inf Syst. 2019;1(2):63.

Senduk MNW, Polii H, Doda DVD. Perbandingan Massa Tulang Sebelum dan Sesudah Melakukan Senam Zumba pada Wanita Dewasa. Jurnal Biomedik 2019; 11(1): 17-22

Nursalam H. Penulisan Literature Review dan Systematic Review Pada Pendidikan Kesehatan (Contoh). Priyantini D, ed.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ