PENERAPAN METODE QIRO’ATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MTS ASSA’ADAH TAJUR HALANG BOGOR

Alif Zulfikri, Ahmad Suryadi

Abstract


Penulisan ini bertujuan: 1) mendeskripsikan metode qiro’ati diterapkan dalam proses pembelajaran Al-Qur’an, 2) mendeskripsikan teknik penggunaan metode qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an, dan 3) mendeskripsikan faktor-faktor pendukung serta penghambat dalam proses pembelajaran Al-Qur’an. Metode penulisan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi dan analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penulisan menunjukkan bahwa 1) penerapan metode qiroati dalam pembelajaran Al-Qur’an melibatkan tiga tahapan, yaitu perencanaan, implementasi, dan evaluasi. 2) Teknik pengajaran metode qiroati dalam pembelajaran Al-Qur’an melibatkan tiga pendekatan, yakni sorogan, pembelajaran individu, dan pembelajaran dengan membaca dan mendengarkan. 3) Terdapat tiga faktor pendukung, seperti kemampuan mandiri siswa, lingkungan yang mendukung, serta faktor perangkat keras dan perangkat lunak yang baik, seperti dukungan dari teman sebaya dan organisasi, kurikulum, serta dorongan motivasi eksternal.


Full Text:

PDF

References


Mulyani, Hetti. & Maryono. (2018). Implementasi Metode Qiroati dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Jurnal Paramurobi, 1(2), 21-30. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/paramurobi/article/view/1294/756

Ali, Rahmadi. (2017). Efektifitas Metode Qiroati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Siswa SDIT Bunayya Medan. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 179-186. Retrieved from https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/84/77

Retnawati, Roisah Hasti Nawangsih. (2022). Pembelajaran Baca Al-Qur’an dengan Metode Qiroati pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 19-44. Retrieved from http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/belajea/article/view/4220/1534

Sugiyono. (2014). Metode Penulisan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Cet. 3 Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ismail. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group.

Moeslichatoen. (2004). Metode Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Hitami, Munzir. (2012). Pengantar Studi Al-Qur’an, Cet. 1 Yogjakarta: PT. Lkis Printing Cemerlang.

Massul, Romdoni. (2014). Metode cepat Menghafal dan Memahami Ayat-ayat Suci Al-Qur’an, Cet.1 Yogjakarta: Lafal Indonesia.

Agung, Iskandar. (2010). Meningkatkan Kreatifitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Birri, Maftuh Basthul. (2008). Al-Quran Hidangan Segar. Cet. 6. Kediri: MMQ Ponpes Lirboyo.

Supandi, Irfan. (2013). Agar Bacaan Al-Qur’an Tak Sia-sia. Solo: Tinta Medina.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ