SOSIALISASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI SDN 01 KAMPUNG SAWAH KABUPATEN BOGOR

Rheina Qur’ani Awalina, Siti Nafisah, Muhamad Zaki A.H, Renty Anugrah Mahaji Puteri

Abstract


Menjaga kesehatan merupakan hal yang penting untuk mencegah terjadinya resiko terpapar oleh penyakit, terutama pada anak-anak yang rentan terhadap penyakit dikarenakan anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang belum kuat seperti manusia dewasa. Hasil data Riskesdas 2018, hanya 1,7% anak menyikat gigi dengan benar. Selain itu, hanya 47% penduduk Indonesia yang telah dapat melakukan cuci tangan menggunakan sabun dengan benar maka penerapan perilaku hidup bersih dan sehat pada penduduk Indonesia masih perlu ditingkatkan. Dengan ini kelompok KKN membentuk program kerja Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah. Bertujuan meningkatkan kesehatan di lingkungan sekitar sekolah. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai ukuran pada penilaian PHBS ini yaitu, dengan cara membuang sampah pada tempatnya, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, mengonsumsi makanan sehat di kantin sekolah dan lain-lain.


Full Text:

PDF

References


Anhusadar, L. &. (2020). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pademi Covid 19. . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 463.

Bur, N. &. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di SD Inpres Katangka Gowa. . Celebes Abdimas : Jurnal Pengbdian Kepada Masyarakat , 47 - 52.

Dr. M. Sayuti, S. (2015). MODUL KKN- PPM TEMATIK PEMBERDAYAAN KOMONITAS NELAYAN DENGAN PENERAPAN TEKNOLOGI KERAMBA JARING APUNG UNTUK PEMBUDIDAYAAN IKAN KERAPU. Lhokseumawe.

Julianti, R. (2018). Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 11 - 17 .

Karuniawati, B. (2020). Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Dalam Pencegahan Penularan Covid - 19. pp. 112 - 131.

Syardiansyah. (2017). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus Universitas Samudra KKN TAHUN 2017) . 57 - 58.

Uweis, M. A.-Q. (n.d.). Penyuluhan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Anak - Anak Lebak RT 005/RW 002 Kampung Sawah Murti Bojong Sempu. Pegabdian Masyarkat LPPM UMJ, 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ