PENYULUHAN HUKUM BULLYING MENINGGALKAN MEMAR YANG TAK TERLIHAT

Fahriyan Albira, Salsabella Arda Denisa, Hana Sajida, Yasin Effendi

Abstract


Di era modernisasi saat ini, hukum selalu mengikuti perkembangan masyarakat terlebih aturan-aturan yang di buat menjadi salah satu alat untuk mengatur kehidupan di masyarakat. Begitupun pendidikan yang ada saat ini bekembang dengan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa, hal ini menjadi salah satu hal yang krusial untuk mewujudkan masayarakat yang lebih mengenal akan lingkungan yang luas dan dapat berfikir secara rasional. Dengan dibutuhkannya sebuah pembentukan karakter pada anak menjadikan sebuah pendidikan karakter sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan diri dan mental untuk menghadapi kemajuan dunia teknologi dan komunikasi serta lingkungan sosial di masa yang akan datang. Salah satunya dengan mengikuti kegiatan penyuluhan, karena berbagai macam ancaman akan dihadapi terkait perkambangan zaman. Salah satu hal yang sangat mengkhawatirkan yaitu maraknya kasus bullying yang terjadi di satuan pendidikan di Indonesia yang semakin hari semakin banyak di alami oleh siswa dan juga menghawatirkan bagi psikologi anak. Penyuluhan hukum ini bertujuan sebagai salah satu sarana pencegahan terjadinya perundungan yang populer terjadi di lingkungan pendidikan akan hal-hal negatif di sekitar anak di lingkungan sekolah dikarenakan sudah semakin marak kasus bullying, terkhusus di SMP Islam Jamiyatu Asy-Syafi’iyah tempat Kuliah Kerja Nyata sebagai salah satu peran mahasiwa/I untuk memerangi kasus bullying di lingkungan sekolah. Dengan adanya penyuluhan hukum yang dilakukan oleh para mahasiwa/I ini sebagai cara untuk ikut serta mencegah maraknya kasus bullying.


Full Text:

PDF

References


Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Khaerudin, D. d. (2020). Implementasi Methode PDCA dalam Menurunkan Defect Sepatu Type Campus di PT. Prima Intereksa Industri. Jurnal Sains dan Teknologi.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah Jurnal Kependidikan Islam.

(SEJIWA), Y. S. (2008). Mengatasi Kekerasan Dari Sekolah dan Lingkungan Anak. Jakarta: Grasindo.

Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Kediri: Media Publishing.

Wayan Cong Sujana, I. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar.

https://kbbi.web.id/rundung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ