EDUKASI STUNTING DAN STIMULASI TUMBUH KEMBANG BALITA BAGI IBU DAN KADER POSYANDU

Roro Chairana Jagad Regita Sari, Salsadila Salsadila, Aulia Putri Syahadah, Revinel Revinel

Abstract


Stunting merupakan suatu kondisi gagal tumbuh pada anak yang usianya di bawah lima tahun atau biasa disebut dengan balita karena kekurangan gizi kronis yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar. Berbagai faktor yang dapat menyebabkan terjadinya stunting ialah kurangnya pengetahuan orang tua terlebih khusus ibu. Oleh karena itu paper ini bertujuan tentang peningkatkan pengetahuan ibu terhadap penting nya stunting dan stimululasi tumbuh kembang pada balita. Metode pelaksanaan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilalui dengan beberapa tahap dimulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan kemudian tahap evaluasi. Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian ini yaitu (1) wawasan dan pengetahuan masyarakat meningkat tentang stunting dan stimulasi tumbuh kembang pada balita, (2) masyarakat memiliki kesadaran akan penting dan bahayanya stunting, serta (3) masyarakat dapat mempelajari dan terus mengakses video tahapan memijat balita sebagai media promosi kami dan membaca kembali leaflet mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat yang sudah kami berikan. Program ini diharapkan dapat bersifat berkelanjutan dan memberikan banyak manfaat sehingga masyarakat dapat terhindar dari bahaya stunting.


Full Text:

PDF

References


Kemenkes (2023) ‘Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022’, Kemenkes, pp. 1–7.

Kemenkes RI (2022) ‘Kemenkes RI no HK.01.07/MENKES/1928/2022 Tentang Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana Stunting’, pp. 1–52.

Kementerian Kesehatan (2021) Petunjuk Teknis Penyusunan dan Pelaksanaan Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku Percepatan Pencegahan Stunting (Buku 1), Kementerian Kesehatan RI. Available at: https://promkes.kemkes.go.id/download/fpkk/files49505Juknis Implementasi KPP Stunting_ISBN_13072021.pdf%0Astunting.go.id.

Naelasari, D. N. and Nurmaningsih (2022) ‘Edukasi PHBS di Rumah Tangga Dalam Mencegah Stunting Pada Ibu Balita di Perumahan Lingkar Permai Kota Mataram’, Abdinesia : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), pp. 11–15. Available at: https://unu-ntb.e- journal.id/abdinesia.

Ribek, D. N. and Ngurah, I. G. K. G. (2020) Pijat Balita Stunting.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ