BELAJAR MENANAM YANG MENYENANGKAN DI SD MUHAMMADIYAH 03 KREATIF TANGERANG SELATAN

Muhammad Fahjriansyah, Rudi Paisal, Sarah Aisyawa, Susilahati Susilahati, Laily Nurmalia, Velda Ardia

Abstract


Anak usia dini adalah manusia yang sedang berada pada rentang usia 0-8 tahun, yang memiliki potensi yang masih harus dikembangkan. Hal ini sejalan dengan masa transisi yang di keluarkan oleh kemendikbudristek dalam uraian situs websitenya bahwa Transisi PAUD-SD adalah berpindahnya kegiatan belajar dan pemerolehan pengalaman oleh anak didik PAUD atau TK menjadi anak didik SD dengan proses pembelajaran dan adaptasi diri anak pada situasi dan keadaan yang baru. Tujuan mengajar anak-anak tentang pendidikan lingkungan adalah agar mereka merawat alam sebagai bagian dari kehidupan mereka, meningkatkan minat mereka dalam merawat dan memperbaiki lingkungan, bukan hanya mempelajarinya. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah dengan memberikan materi dan mempraktekkan dalam kegiatan sosialisasi belajar menanam yang menyenangkan. Pengabdian ini beranggotakan kelompok KKN 25 UMJ dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), kegiatan ini dilakukan di SD Muhammadiyah 03 Kreatif Tangerang Selatan, berhasil dilaksanakan dengan sukses dan lancar sehingga Siswa/Siswi mampu menguasai cara bertanam dan merawat cabai rawit dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Ristiyana, S., Ika, P., Tri, W.S., Yagus, W., Arthur, F. C. R., Ummi, S., Tri, R. 2023. Implementasi “TEMAN” (Metode Pengenalan Tanaman Sayuran) Bagi Anak SDN Tamansari 01 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. Vol. 6 (2) Hal : 169-171.

Putri, D.P. 2018. Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar. vol. 2 (1).

Chandrawati, Tri., Siti, A. 2021. Penanaman Cinta Lingkungan Pada Masyarakat PAUD. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Vol 08, (1).

Yasbiati, Rosarina, G., Anisa, L. 2017. UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS MELALUI KEGIATAN BERCOCOK TANAM DI BAMBIM AL-ABROR KECAMATAN MANGKUBUMI KOTA TASIKMALAYA. Jurnal PAUD Agapedia. Vol.1 (2). Hal : 203-213.

Uan Bidi. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka Episode 24 (Transisi PAUD- SD yang Menyenangkan) di SDN 01 Duhiadaa Pohuwato. Vol. 1 (1).

Ismiasih, Resna, T., dan Arief, I., U. 2021. EDUKASI TANAMAN PERTANIAN SEJAK USIA DINI DAN PELATIHAN BUDIDAYA TANAMAN HORTIKULTURA SECARA MODERN PADA MASA NEW NORMAL DI TPA SOKOPURO. Jurnal Masyarakat Mandiri. Vol. 5 (5). Hal : 2408-2422.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ